Ilmuwan Temukan Gen Dibalik Penyakit Jantung!

Para peneliti mengklaim telah berhasil mengidentifikasi sejumlah gen yang terkait dengan penyakit jantung. Dengan adanya penemuan tersebut, ilmuwan kini bisa membantu dalam meningkatkan prediksi dan diagnosis.

gen dibalik penyakit jantung

Studi ini melakukan screening genom pada ratusan ribu orang (yang tergabung dalam studi bernama Genome-wide association studies atau GWAS) dan sudah menghubungkan lebih dari 100 daerah di genom untuk meneliti risiko pengembangan penyakit kardiovaskular.

Peneliti dari European Molecular Biology Laboratory (EMBL) dan University of Heidelberg, melalui Molecular Medicine Partnership Unit (MMPU), mengambil hasil ini dengan memetakan gen secara tepat, yang memiliki peran dalam timbulnya penyakit jantung. Temuan mereka ini dipublikasikan dalam jurnal online PLoS Genetics.

Para ilmuwan menggunakan teknologi yang disebut ‘interferensi RNA’ yang secara selektif dapat menurunkan tingkat ekspresi gen yang ditargetkan. Dengan mengamati perubahan, para peneliti dapat mengidentifikasi fungsi gen dan, bila dalam skala yang lebih besar, bisa menguji fungsi dari banyak gen secara paralel.

“Pada prinsipnya, pendekatan kami ini dapat diterapkan pada setiap penyakit yang memiliki sel mudah diamati. Gen yang berhasil diidentifikasi ini cenderung mengarah pada mekanisme penyebab penyakit jantung dan memungkinkan kami untuk meningkatkan pengembangan prediksi dan diagnosis penyakit jantung,” ujar peneliti Heiko Runz. (jay)

BACA JUGA: Bisakah Ganja Sebabkan Penyakit Jantung & Stroke?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes