mencegah diabetes

Ilmuwan Temukan Protein Untuk Melawan Diabetes

Ilmuwan dari Maynooth University telah mengidentifikasi protein dalam tubuh yang mungkin memiliki potensi untuk mencegah perkembangan salah satu penyakit akibat obesitas, diabetes.

mencegah diabetes

Obesitas merupakan pendorong utama dari diabetes tipe 2, mengingat kelebihan lemak perut menyebabkan sel-sel lemak melepaskan zat kimia ‘pro-inflamasi’ yang bisa membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin yang dihasilkan dan mengganggu kemampuan sel insulin-responsif untuk memenuhi fungsi mereka. Ini dikenal sebagai resistensi insulin, pemicu utama dari diabetes tipe 2.

Peneliti dari Universitas Maynooth, Irlandia, yang dipimpin oleh Paul Moynagh, berhasil mengidentifikasi protein dalam tubuh yang disebut ‘Pellino3’. Protein tersebut berpotensi dapat menghalangi peradangan akibat obesitas dan dengan demikian mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Immunity ini, ada hubungan langsung antara tingkat Pellino3 dan tingkat jaringan lemak perut pada individu. Yaitu, Pellino3 ditemukan sangat rendah pada penderita obesitas dan dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal.

Rendahnya Pellino3 pada penderita obesitas berhubungan dengan produksi protein pro-inflamasi penting yang disebut IL-1,, protein yang mendorong peradangan dan diabetes pada akhirnya.

“Setelah hampir tiga tahun penelitian kami telah mengidentifikasi mekanisme peraturan baru untuk mengendalikan diabetes dengan menyorot peran penting ‘Pellino3’ dalam mengatur peradangan,” kata Paul Moynagh dikutip dari MedicalNewsToday.com, Selasa (13/01).

Menurut peneliti, identifikasi mengenai peran baru dari Pellino3 ini merupakan terobosan menarik dan salah satu manfaat penting untuk melawan penyakit seperti diabetes tipe 2. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk mengendalikan atau memanipulasi protein Pellino3 sebagai metode pencegahan diabetes.

BACA JUGA: Diet Tinggi Serat Bisa Pangkas Angka Kematian?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes