Indonesia Habiskan 231 Triliun/Tahun untuk Rokok, Serius?

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyebutkan bahwa setiap tahun orang Indonesia menghabiskan biaya sekitar Rp.231 triliun untuk dan karena rokok. Wow!

Indonesia Habiskan 231 TriliunTahun untuk Rokok, Serius

“Setelah Rp.138 triliun untuk membeli rokok, kemudian ada lagi Rp.2,11 triliun untuk biaya pengobatan sakit karena merokok itu,” ujar Nafsiah, seperti dikutip Antaranews.com.

Penyakit akibat merokok tersebut adalah penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal.

Padahal, katanya, pendapatan negara dari cukai rokok hanya Rp.55 triliun. Menteri Kesehatan juga membeberkan, sebanyak 78 persen anak usia antara 8-15 tahun terpapar asap rokok di luar rumah. Kemudian sebanyak 11,9 juta balita terpapar asap rokok di rumah sendiri.

“Paparan asap rokok itu dari orangtua, apakah bapaknya, ibunya, saudaranya, yang merokok di rumah,” tambah Nafsiah.

Terpapar asap rokok sejak kecil, selain memperbesar peluang anak itu menjadi perokok, juga membuat risiko terkena penyakit-penyakit akibat merokok semakin besar.

“Tidak mengherankan kita kesulitan mendapatkan atlet yang mumpuni fisiknya, yang paru-parunya bagus dan berkembang sempurna,” tutup Nafsiah. (jay)

BACA JUGA: Yuk, Turunkan Tekanan Darah dengan Konsumsi Jus Bit!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes