Ingin Bangkitkan Gairah Seksual? Makanlah Tahu!

Menurut penelitian terbaru, orang yang mengonsumsi tahu dan produk makanan nabati lainnya bisa menikmati kehidupan seks yang lebih baik dibandingkan mereka yang makan daging.

Penelitian ini menemukan bahwa produk makanan nabati tertentu dapat mempengaruhi kadar hormon dan meningkatkan aktivitas seksual, menurut laporan Discovery News.

Penelitian ini adalah yang pertama kalinya mengamati hubungan antara senyawa nabati estrogenik, atau fitoestrogen, dan perilaku pada primata liar. Dalam kasus ini, primata yang terlibat adalah sekelompok monyet colobus merah di Uganda. Sebagai primata, kita manusia juga cenderung akan mengalami efek yang sama dari senyawa tersebut.

“Ini adalah penelitian pertama yang dilakukan di alam untuk memberikan bukti bahwa bahan kimia tumbuhan bisa mempengaruhi fisiologi dan perilaku primata liar dengan bertindak pada sistem endokrin,” ujar pemimpin penulis studi Michael Wasserman.

“Dengan mengubah kadar hormon dan perilaku sosial yang penting untuk reproduksi dan kesehatan, tumbuhan mungkin bisa memainkan peran besar dalam evolusi biologi primata, termasuk manusia,” tambahnya.

Selama 11 bulan, Wasserman dan timnya mengikuti sekelompok monyet colobus merah di Kibale National Park, Uganda, dan mencatat apa yang dimakan primata tersebut.

Pada proses pengamatan perilaku, para peneliti berfokus pada agresi, yang ditandai dengan jumlah pengejaran dan perkelahian, frekuensi berhubungan seksual dan waktu yang dihabiskan merawat tubuh. Para ilmuwan juga mengumpulkan sampel kotoran untuk menilai perubahan kadar hormon.

Para peneliti menemukan bahwa monyet jantan menyukai makan daun Millettia dura, pohon tropis yang mengandung senyawa mirip estrogen, dengan tingkat lebih tinggi dari estradiol dan kortisol. Pohon tropis ini adalah kerabat dekat dari tumbuhan kedelai, yang juga kaya akan phytoestrogen.

Mereka juga menemukan, berubahnya kadar hormon membuat perilaku monyet tersebut lebih agresif dan lebih bergairah melakukan hubungan seksual.

Wanita yang mengalami menopause juga disarankan agar mengonsumsi produk berbahan dasar kedelai untuk meringankan beberapa gejalanya. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Hormones and Behavior. (jay)

BACA JUGA : 6 Nutrisi Penting agar Terbebas dari Serangan Flu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes