Ingin Kreatif? Pilih saja Kamar Remang-remang

Cahaya redup dan remang-remang memang tidak baik bagi kesehatan mata. Namun baru-baru ini sebuah penelitian di Jerman menyebutkan bahwa cahaya remang-remang efektif untuk tingkatkan kreativitas otak.

Ingin-Kreatif-Pilih-saja-Kamar-Remang-remang

Studi yang digelar di University of Stuttgart dan University of Hohenheim ini berhasil membuktikan bahwa otak sangat dipengaruhi oleh pencahayaan dan suasana dalam lingkungan tertentu.

Peneliti mengumpulkan lebih dari 30 orang dan membagi mereka ke dalam 3 kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk menggambar sketsa alien.

Kelompok pertama ditempatkan dalam ruangan remang-remang. Sedangkan dua kelompok lain ditempatkan dalam ruangan dengan pencahayaan normal dan terang.

Hasilnya, partisipan yang menggambar dalam kamar remang-remang berhasil menggambar sketsa alien lebih kreatif. Dan tidak ditemukan perbedaan kreativitas pada partisipan yang menggambar di kamar dengan cahaya normal dan terang.

Peneliti menganggap bahwa suasana remang-remang dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dan menghilangkan pikiran-pikiran tertentu yang dapat menghalangi kreativitas.

Peneliti menambahkan, bahkan hanya dengan membayangkan berada dalam ruangan remang-remang kreativitas seseorang bisa meningkat secara signifikan, seperti dikutip Dailymail. (dan)

BACA JUGA : Waspada, Sering Menyundul Bola Bikin Otak Lemot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes