manfaat suplemen

Ingin Langsing? Matikan Lampu saat Tidur

Kebiasaan tidur Anda ternyata berpengaruh besar terhadap naik turunnya berat badan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa bukan hanya kurang tidur saja yang dikaitkan dengan masalah berat badan, tetapi kebiasaan tidur seperti menyalakan lampu ketika tidur juga dianggap menjadi penyebab naiknya berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

matikan lampu saat tidur

Masalah pada tidur bisa meningkatkan risiko berbagai dampak tidak terduga, termasuk kegemukan seperti yang ditemukan oleh para ilmuwan baru-baru ini.

Apa saja masalah yang dapat terjadi dari kebiasaan tidur yang kurang sehat?

Bikin gemuk

Para peneliti dari Uppsala University, Swedia menyatakan bahwa kurang tidur mengurangi kemampuan otak untuk mengontrol rasa lapar dan kenyang. Saat kurang tidur, nafsu makan dan lapar juga meningkat.

Orang Gemuk Sering Ngorok

Lemak berlebih pada orang gemuk menyebabkan saluran napas mudah mengalami penyempitan saat tidur berbaring. Saluran napas yang menyempit membuat aliran udara tidak lancar, kemudian menyebabkan getaran suara yang terdengar sebagai dengkuran.

Sleep Apnea

Sleep apnea atau henti napas sesaat ketika tidur lebih sering dialami orang-orang dengan berat badan berlebih. Biasanya ditandai dengan gejala ngorok. Biasanya gangguan ini dapat dikenali dari kondisi yang tidak pernah segar meski tidur lama.

Tidur dengan Lampu Menyala Bikin Gemuk

Ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan mematikan lampu saat tidur. Selain menghemat energi listrik, Anda juga berpeluang menurunkan berat badan lebih cepat. Kok bisa?

Sebuah penelitian di Institute of Cancer Research di London mengungkap bahwa perempuan cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar jika tidur dengan lampu menyala. Sedangkan mereka yang tidur dengan lampu dipadamkan memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil. (dan)

BACA JUGA : SINAR MATAHARI TERNYATA BAIK UNTUK JANTUNG

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes