Ingin Langsingkan Tubuh? Yuk, Konsumsi Grapefruit

Grapefruit bukanlah anggur. Namun, buah ini juga tidak bisa disamakan dengan jeruk Bali. Grapefruit punya karakteristik dan manfaat hebat.

Bahkan, para pakar diet juga menganjurkan kita memakannnya setiap sarapan, makan siang, dan makan malam.
Menurut Health.com, penelitian terbaru menunjukan bahwa grapefruit termasuk salah satu makanan diet yang paling kuat.

Sebuah hasil review data tahun 2003-2008 juga menunjukkan bahwa rata-rata, wanita yang mengonsumsi sejumlah grapefruit atau jus grapefruit beratnya berkurang hampir 10 pound (atau 4,5 kg) dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah 6 persen daripada wanita yang tidak suka mengonsumsi grapefruit.

Para peneliti sebelumnya tidak yakin apa yang membuat pecinta grapefruit terlihat lebih ramping, tetapi penulis penelitian Gail Rampersaud, RD, dari University of Florida, mengatakan penyebab dibalik hal itu justru sederhana. “Mengonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi, seperti grapefruit, membantu Anda merasa lebih kenyang dan lebih puas, serta mengandung kalori yang lebih sedikit,” ujar Rampersaud.

Menurutnya, setengah irisan dari ukuran medium grapefruit atau segelas 8 ons jus grapefruit mengandung kurang dari 100 kalori. Tak hanya itu, buah super ini juga merupakan sumber vitamin C, potasium, dan magnesium.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Rampersaud menyarankan Anda agar membuat tart grapefruit dan tangy atau jus grapefruit untuk diet harian Anda.

Bagi Anda yang tidak menyukai grapefruit, jangan sedih! Berdasarkan penelitian ini dan yang lainnya, mulailah Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air, seperti timun atau semangka. Menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Christine Gerbstadt, MD, RD, timun dan semangka juga memiliki efek yang sama. (jay)

BACA JUGA : 6 Fakta Sehat Mengonsumsi Ubi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes