Ingin Matikan Sel-Sel Kanker? Rajinlah Makan Kubis

Siapa sangka jika tanaman yang biasa tumbuh di dataran tinggi ini memiliki beragam manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

manfaat-kubis

Kubis atau Kol (Brassica oleracea) adalah sayuran yang termasuk jenis Brassica atau cruciferous family, yang juga termasuk brokoli, kale, dan kembang kol. Sayuran ini dapat tumbuh di setiap jenis tanah, tetapi tumbuh baik terutama di tanah yang subur, semakin subur tanah, semakin cepat tumbuhnya.

Kubis atau Kol merupakan salah satu tanaman sayuran tertua dan diyakini berasal dari Asia dan Mediterania. Saat ini, kubis merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia di daerah tropis dan semitropis.

Kubis mengandung antioksidan yang sangat kuat seperti vitamin A dan C serta kandungan fitonutrien seperti tiosianat, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane isothiocyanates, yang dapat merangsang enzim untuk detoksifikasi serrta dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar dan prostat.

The Harvard School of Public Health melaporkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi nutrisi dari produk segar seperti kubis dapat terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit kronis.

Setiap 1/2 mangkuk kubis mengandung 2 gram serat makanan, atau 8 persen dari kebutuhan serat harian. Kubis mengandung banyak sekali serat baik itu larut maupun tidak larut. Asupan serat larut berperan dalam menurunkan risiko diabetes, kolesterol dan darah tinggi. Sedangkan serat tidak larut dapat membantu meningkatkan fungsi usus.

Kubis juga dikenal memiliki kandungan senyawa glukosinolat dalam konsentrasi yang tinggi. Ketika kubis dikunyah dan dicerna, glucosinolates terurai menjadi senyawa isothiocyanate indole dan Menurut National Cancer Institute, dua senyawa ini dapat bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kanker dengan cara menghambat pertumbuhan dan migrasi sel tumor dan mematikan sel-sel yang berpotensi menjadi penyebab kanker.

So, jangan sia-siakan sayur kubis buatan istri Anda. (dan)

BACA JUGA : WORTEL, KUATKAN GIGI HINGGA BIKIN AWET MUDA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes