Ingin Ngemil? Pilihlah Porsi Kecil!

Menurut penelitian di Cornell University, AS, porsi camilan lebih kecil mampu memberikan perasaan kepuasaan yang sama dengan porsi camilan yang besar.

ingin ngemil pilih porsi kecil

Para peneliti Ellen van Kleef, Mitsuru Shimizu, dan Brian Wansink merancang penelitian ini untuk menentukan apakah orang-orang yang diberi porsi kecil makanan ringan akan merasa lapar atau puas selama 15 menit setelah makan. Para peneliti menggunakan camilan seperti cokelat, apple pie, dan keripik tentang.

Lalu, peneliti membuat dua kelompok dengan menguji ukuran porsi yang berbeda. Kelompok ukuran porsi besar diberikan 100 gram cokelat, 200 gram apple pie, dan 80 gram keripik kentang. Semua makanan tersebut mengandung 1.370 kalori yang setara pada makanan ringan. Sementara kelompok yang lain masing-masing diberikan 10 gram, 40 gram, dan 10 gram dari makanan yang sama, dengan total 195 kalori.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi ukuran porsi kecil bisa memberikan perasaan puas yang sama seperti porsi besar. Untuk kelompok yang mengonsumsi porsi besar ternyata kembali mengonsumsi makanan 77 persen lebih banyak, sekitar 103 kalori. Tetapi, mereka tidak merasa perasaan kenyang dibandingkan kelompok dengan porsi yang lebih kecil.

Secara keseluruhan temuan ini mengingatkan betapa pentingnya ukuran porsi camilan. Jadi, porsi besar bisa mengakibatkan peningkatan asupan makanan sedangkan porsi kecil mampu memberikan efek puas yang sama.

Tak hanya itu, porsi kecil juga bisa menyebabkan penurunan rasa lapar dan nafsu ingin ngemil, yang akhirnya akan membantu orang dalam membatasi asupan makanan mereka. (jay)

BACA JUGA: Catat, Suntik Botox Lambung Tak Jamin Kuruskan Badan!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes