Ingin Perkasa di Ranjang? Tidur yang Cukup!

Bagi yang suka begadang, ada kabar buruk bagi Anda! Mengurangi jam tidur bisa sangat buruk bagi pria muda yang sehat. Menurut penelitian terbaru, kurang tidur bisa menurunkan kadar testosteron Anda.

Seperti dikutip Health.India.com, pria yang tidur kurang dari lima jam setiap malam selama satu minggu ternyata memiliki tingkat signifikan testosteron lebih rendah daripada pria yang tidur semalam penuh.

Secara signifikan, menurunnya kadar testosteron akibat kurang tidur memiliki jumlah presentase yang sama terhadap penuaan dini sekitar 10-15 tahun, atau 10-15 persen.

Testosteron rendah memiliki berbagai konsekuensi negatif bagi para pria muda, dan bukan hanya dalam perilaku seksual dan reproduksi. Hal ini penting dalam membangun kekuatan, massa otot dan kepadatan tulang.

“Kadar testosteron rendah dikaitkan dengan kurangnya keperkasaan dan kekuatan, yang terjadi sebagai akibat dari kurang tidur,” kata Eve Van Cauter, profesor di bidang kedokteran, Universitas Chicago Medical Centre, Amerika Serikat, yang memimpin penelitian tersebut.

Setidaknya 15 persen dari populasi pekerja dewasa di AS mendapatkan kurang dari lima jam tidur setiap malam, dan menderita efek kesehatan yang merugikan karena itu. Testosteron rendah juga terkait dengan energi yang rendah, libido berkurang, kurang konsentrasi dan kelelahan. (jay)

LIHAT JUGA : Video, Seksi Dengan Body Pump

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes