tidur nyenyak tidur berkualitas

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Ini Rahasianya!

Umumnya setiap orang membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam perhari. Aktivitas dan kesibukan yang tinggi kerap menjadi faktor utama seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang ideal.

tidur nyenyak tidur berkualitas

Russel Rosenberg, Ph.D dari The Atlanta School of Sleep Medicine and Technology mengatakan, penggunaan ponsel, komputer dan bermain game adalah penyebab seseorang kekurangan jam tidur di jaman modern ini, sehingga berdampak pada kondisi kesehatan orang yang bersangkutan.

Menurunnya kewaspadaan, daya ingat dan cepat lelah adalah beberapa penyebab umum ketika seseorang tidak cukup tidur.

National Heart, Lung, and Blood Institute menyatakan bahwa tidur cukup dapat memperbaiki kesehatan mental dan fisik serta meningkatkan kualitas kehidupan seseorang.

Tidur nyenyak dapat melancarkan peredaran darah dan membuat kulit tampak awet muda karena saat diru di malam hari, sel-sel kulit mati mengalami regenerasi optimal. Oleh karena itu, penggunaan krim wajah di malam hari adalah waktu yang paling tepat.

Berikut ini tips agar Anda tidur lebih nyenyak di malam hari:

  1. Kenakan pakaian longgar berbahan katun. Jangan lupa bersihkan wajah dari sisa kotoran dan make up setelah seharian beraktivitas.
  2. Lepaskan semua aksesori yang melekat pada tubuh Anda seperti gelang, jam tangan, kalung dan lainnya agar tidak mengganggu tidur Anda.
  3. Matikan atau aktifkan mode silent ponsel dan gadget Anda. Jangan sampai dering dan getar mengganggu kenyamanan tidur Anda.
  4. Mandi air hangat sebelum tidur dengan sabun beraroma terapi dapat membuat perasaan Anda lebih tenang.
  5. Jangan makan mendekati waktu tidur. Makanlah 2-3 jam sebelum tidur agar perut Anda terasa nyaman saat tidur.
  6. Matikan lampu saat tidur agar tubuh memproduksi melatonine lebih banyak. Melatonine adalah hormon yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.

Jangan lupa untuk menambahkan olaharaga dalam aktivitas Anda. Olahraga rutin juga dapat membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas. (dan)
BACA JUGA : Gejala Penyakit yang Sering diabaikan Saat Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes