Ingin Tingkatkan Kinerja Otak? Bacalah Buku Shakespeare!

Menurut penelitian terbaru, karya-karya penyair legendaris Shakespeare dan Wordsworth diklaim sebagai “rocket-booster” untuk kinerja otak dan terapi yang lebih baik ketimbang buku self-help.

Ingin Tingkatkan Kinerja Otak Bacalah Buku Shakespeare

Penelitian gabungan para ilmuwan, psikolog dan akademisi di Liverpool University, Inggris, menemukan bahwa membaca karya-karya Shakespeare, Wordsworth dan penulis klasik lainnya memiliki efek menguntungkan pada pikiran, meningkatkan minat baca dan memicu momen refleksi diri.

Dengan menggunakan scanner, para peneliti memantau aktivitas otak sejumlah partisipan ketika mereka membaca karya William Shakespeare, William Wordsworth, TS Eliot, dan lain-lain.

Hasil scan menunjukkan, semakin “menantang” bentuk prosa dan puisi, mampu meningkatkan aktivitas listrik di otak yang lebih baik.

Para ilmuwan juga mempelajari aktivitas otak saat partisipan merespon setiap kata dan merekam bagaimana otaknya “menyala” ketika pembaca menemukan kata yang tidak biasa, frase mengejutkan, atau struktur kalimat yang sulit.

“Pencahayaan” pada otak ini bisa berlangsung lama dan menggeser otak ke tingkat yang lebih tinggi, lalu mampu mendorong untuk membaca lebih lanjut.

Penelitian ini juga menemukan bahwa membaca puisi mampu meningkatkan aktivitas di belahan otak kanan, daerah yang bersangkutan dengan “memori otobiografi”, serta membantu pembaca untuk merenung dan menaksir pengalaman sendiri dari apa yang mereka sudah baca.

Para akademisi menegaskan, hal ini berarti bahwa karya-karya klasik lebih berguna ketimbang buku self-help. (jay)

BACA JUGA: 2 Cangkir Kopi Sehari Berisiko Urinary Incontinence

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes