dampak overtraining

Ini Akibatnya Jika Anda Terlalu Banyak Latihan dan Diet Ekstrem!

Ya, kunci kesuksesan Anda dalam membentuk tubuh yang atletis yaitu dengan melakukan latihan dan diet yang sehat. Hal tersebut tentunya sudah Anda ketahui dengan jelas. Namun, bagaimana ketika latihan dan program diet Anda jalankan dengan berlebihan? Masihkah kedua hal tersebut merupakan kunci sukses keberhasilan dalam membentuk tubuh yang Anda idamkan?

Headline News

Tidak. Latihan dan diet yang terlalu berlebihan (over training) justru akan menggagalkan rencana Anda untuk memperoleh tubuh impian. Justru, akibatnya malah buruk bagi kesehatan Anda. Berikut adalah informasi lengkapnya untuk Anda.

Bahaya Over Training Pada Otak

Terlalu banyak latihan memiliki dampak negatif pada otak dan kesehatan mental Anda. Bukan hanya memperlambat kemampuan kognitif Anda, melainkan over training juga akan menyebabkan masalah seperti kehilangan memori dan menurunnya cepat tanggap (refleks) pada otak Anda. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Alzheimer’s Association 2009 International Conference pada penyakit Alzheimer mengungkapkan bahwa latihan terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar ke otak. Hal tersebut akan mempengaruhi hippocampus, yakni bagian otak yang memainkan peran utama dalam mempelajari keterampilan baru dan menciptakan kenangan baru.

Bahaya Diet Ekstrem Pada Otak

Mengingat fakta bahwa 60 persen dari otak terbuat dari lemak, maka diet ekstrem dapat membuat Anda kehilangan keterampilan kognitif Anda. Untuk menghindarinya, maka Anda membutuhkan asam lemak omega 3 agar otak Anda tetap berjalan dengan optimal. Dan, Omega 3 tersebut hanya bisa Anda dapatkan melalui makanan atau suplementasi yang tepat.

Para ilmuwan di Harvard University menemukan bahwa kekurangan asam lemak omega 3 akan membuat gangguan sinyal pada sel otak dan bahkan akan menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi, hingga menyebabkan demensia, depresi, dan suasana hati yang sering berubah-ubah.

Pada intinya, melalui artikel ini hanya ingin menunjukkan bahwa sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Bukankah kita dari dulu selalu diajari akan hal itu? Termasuk berlebihan dalam berlatih dan melakukan diet yang terlalu ketat. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes