Ini Caranya Bebas Dari Kecanduan Gula

Makanan manis memang menjadi favorit banyak orang saat merayakan lebaran. Kondisi ini pula yang mengakibatkan seseorang melebihi asupan gula dari batas yang dianjurkan, yaitu 10 persen dari total kalori sepanjang hari.
kecanduan-gula
Konsumsi gula berlebih dapat dilihat dari bentuk tubuh seseorang. Biasanya orang yang mengalami kegemukan suka dengan makanan yang manis dan bergula tinggi. Saat ini pemerintah pun mulai aktif mengenalkan dampak negatif dari asupan gula yang terlalu tinggi.

Mengurangi konsumsi gula selain dapat membuat efek yang baik untuk lingkar pinggang, berakibat pula pada kesehatan nasional. Konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan obesitas yang menaikan resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit kanker lainnya.

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi kecanduan gula? “Kita perlu mengurangi jumlah gula yang masuk tapi tidak boleh menggantinya dengan makanan yang berlemak,” tutur Prof Susan Jebb dari Universitas Oxford.

“Porsi yang sehat untuk menu makan adalah buah-buahan, sayuran, serat karbohidrat, dan biji-bijian,” lanjutnya.

Contoh menu yang dapat dijadikan alternatif antara lain lima porsi buah dan sayur, dua lembar roti gandum, sarapan dengan sereal tinggi serat, kentang panggang, atau seporsi pasta yang terbuat dari gandum.

Jadi, daripada mengonsumsi minuman bersoda atau biskuit yang dapat membuat Anda melewati batas kebutuhan gula, lebih baik menggantinya dengan buah dan sayuran. Tapi ingat, jika Anda membuat jus atau smoothie dari buah kesayangan Anda, sebaiknya bebaskan dari gula. (dan)

BACA JUGA : RASA MAKANAN DIPENGARUHI FAKTOR GENETIK SESEORANG

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes