Ini Dia 5 Cara Melawan ‘Ngantuk’ Saat Bekerja

Ada sebuah mitos yang menyebutkan, bahwa mengonsumsi 2 cangkir kopi dapat melawan rasa kantuk pada siang hari. Namun selain itu, ada cara lain yang bisa melawan rasa kantuk saat bekerja, loh. Apa saja ?

Ini-Dia-5-Cara-Melawan-‘ngantuk’-Saat-Bekerja

Pilih sarapan yang tepat

Memulai sarapan dengan makanan yang bergizi adalah cara jitu untuk mendapatkan asupan tingkat energi sepanjang hari. Serat, karbohidrat kompleks, dan protein adalah beberapa gizi yang bisa menjadi energi untuk tubuh Anda dan menjaga Anda dari rasa kantuk disiang hari.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Berolahraga setiap hari mungkin sangat mustahil bisa dilakukan bagi karyawan kantor yang bekerja 5 hari dalam seminggu, namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meningkatkan hormon endorfin dan energi tubuh dengan berolahraga adalah salah sartu cara terbaik untuk melawan rasa lelah atau mengantuk disiang hari. Bagi Anda yang tidak bisa berolahraga setiap hari, Anda bisa lakukan di kantor, seperti misalnya berjalan jarak pendek, atau gunakan tangga untuk menuju lantai ruangan Anda, lakukanlah secara rutin agar dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun lebih awal serta akan menjaga Anda dari rasa mengantuk di siang hari.

Dapatkan asupan air yang cukup

Tetap terhidrasi adalah salah satu kunci untuk pencernaan yang sehat, kelembaban kulit dan bisa melawan rasa lelah atau mengantuk di siang hari. Anda mungkin belum mengetahui, bahwa menjadi lelah adalah salah satu tanda pertama dari dehidrasi. Jadi, tetaplkah menjaga kadar air dalam tubuh ketika bekerja, dan perlu di ingat bahwa kadar air dalam tubuh bukan hanya didapatkan dari air putih, namun juga bisa Anda dapatkan dari buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti misalnya apel, pir, dan sebagainya.

Istirahat cukup

Beristirahat selama 5 menit untuk mendapatkan udara segar dan cahaya matahari di luar ruangan tempat Anda bekerja dapat meningkatkan energi dan suasana hati Anda. Namun jika Anda terlalu sibuk dan tidak bisa keluar kantor, Anda bisa melakukun stretching yang akan menghilangkan nyeri pada bahu, leher, punggung, dan pergelangan tangan, untuk membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan dan melawan rasa lelah dan mengantuk.

Terapkan Pola tidur yang baik

Sudah jelas, bahwa pola tidur yang baik setiap malam membuat fungsi tubuh akan bekerja maksimal di ke esokan harinya, dan menjaga stamina serta kesehatan Anda. Namun diketahui juga bahwa alat elektronik seperti misalnya, laptop, telepon genggam, dan tab dapat mempengaruhi pola tidur Anda menjadi tidak baik. Lebih baik matikan semua perangkat electronik setidaknya 20 menit sebelum Anda tidur, agar memungkinkan tubuh untuk bisa menagtur jam biologis Anda dan tertidur lebih nyenyak.

Well, selamat mencoba! (boy)

BACA JUGA : Musik Sendu juga Bisa Perbaiki Mood Seseorang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes