Ini dia Akibat Terlalu Lama Nonton Tv!

Diketahui bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu didepan TV dan sedikit melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup tidak sehat.

Ini dia Akibat Terlalu Lama Nonton Tv

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa menonton TV berisiko kelebihan berat badan, peningkatan kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan diabetes, seperti yang telah diberitakan dalam British Journal of Sports Medicine beberapa waktu lalu.

Namun pada penelitian kali ini, para peneliti dari Maastricht University, ingin melihat tanda-tanda awal gejala kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik pada kalangan muda dengan menggunakan data dari 373 wanita dan pria yang telah mengisi kuesioner tentang durasi menoton TV, olahraga, dan kebiasaan lain pada usia 32 tahun hingga usia 36 tahun.

Ketika para peserta penelitian memasuki usia 36 tahun, oleh para peneliti mereka diukur tingkat kekakuan pada beberapa arteri utama dalam tubuh.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa peserta yang memiliki arteri karotid (pembuluh darah utama di kepala dan leher) paling kaku rata-rata telah menghabiskan waktu 20 menit lebih perhari dari waktu yang disarankan untuk menonton TV.

“Banyak fakta yang membuktikan bahwa arteri yang tidak ‘elastis’ dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa memicu penyakit kardiovaskular di usia lanjut nanti,” kata Isabel Ferreira, senior epidemiologi di Maastricht University, Belanda.

Dilain tempat, profesor Joel Stager dari Indiana University-Bloomington School of Public Health menegaskan bahwa orang dengan arteri kaku tidak akan mengalami risiko kesehatan buruk dalam waktu dekat, tetapi risikonya akan muncul di kemudian hari dan akan berkaitan dengan penyakit kardiovaskular.

“Sederhananya, menjadi lebih aktif dan tidak menghabiskan waktu lebih dari 2 jam menonton TV perhari bisa membuat arteri lebih elastis,” saran Ferreira, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (17/10).

Menurut American Academy of Pediatri waktu yang ideal untuk menonton TV adalah 2 jam perhari. (boy)

BACA JUGA : Waspada, Kanker Paru Incar Orang-orang yang Gemar Nonton TV

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes