Ini Lho Penyakit yang Mengincar Masyarakat Kota

Menghabiskan hari-hari Anda dengan terlalu banyak duduk merupakan bom waktu bagi kesehatan. Selain berisiko kegemukan, membiasakan diri dengan terlalu banyak duduk juga meningkatkan risiko osteoporosis (tulang keropos) hingga gagal jantung.

penyakit-kaum-urban

“Minimnya aktivitas fisik membuat tulang Anda tidak aktif,” ujar pakar kesehatan di University of Manhattan, Nathan Cole, Ph.D.

“Sayangnya masyarakat urban saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk sehingga risiko penyakit ini lebih besar bagi mereka,” imbuh Cole.

Sebuah survey kesehatan dilakukan di AS menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat perkotaan memiliki aktivitas fisik yang sangat minim. Seperti 7 jam duduk di kursi pada hari kerja dan 5 jam per hari di akhir pekan. Bahkan masyarakat perkotaan juga lebih banyak menghabiskan waktu duduk di kantor, cafe, maupun mobil.

Survey menunjukkan hanya 22 persen pria dan 14 persen wanita yang rutin berolahraga. Kemudian, 61 perempuan mengaku sulit mendisiplinkan diri untuk olahraga secara teratur. Survei dilakukan terhadap 401 orang, yakni laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 18-30, 31-40, 41-50 tahun.

“Sebaiknya masyarakat perkotaan mulai mendisiplinkan diri dengan olahraga 30 menit sehari. seperti naik turun tangga, jalan cepat, berenang dan lainnya. Ini akan menjauhkan mereka dari gangguan kesehatan,” imbuh Cole. (dan)

BACA JUGA : MENGAPA MAKANAN TERLIHAT LEBIH MENGGODA SAAT KITA KURANG TIDUR?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes