Ini Sebabnya Karbohidrat Olahan tidak Baik Buat Anda

Sebuah penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bahwa orang yang secara berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat olahan seperti gula putih, coklat, gula buah, sirup jagung, dan permen, lebih berpotensi mengalami peradangan secara signifikan.

karbohidrat-olahan

Peradangan merupakan respon umum yang terjadi dalam tubuh yang membuat sistem kekebalan tidak mampu menangkal penyakit. Sumber penyakit ini biasanya dibawa oleh bakteri, virus, maupun sel-sel yang rusak, dan dari karbohidrat sederhana atau olahan. Dan meskipun pada umumnya peradangan mengarah pada perbaikan dan penyembuhan jaringan yang rusak, tetapi ketika telah terjadi peradangan kronis, hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan dan bahkan kematian.

Meski tidak ada publikasi yang menyebutkan tentang bahaya ini, tapi hasil penelitian ini seharusnya meningkatkan kewaspadaan saat mengonsumsi makanan maupun minuman.

Konsumsi Karbohidrat Olahan Berlebih dan Peradangan

Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang secara berlebihan mengonsumsi karbohidrat olahan kemungkinan besar bisa terkena peradangan. Diabetes dan obesitas terkadang diklasifikasikan sebagai penyakit radang, maka konsumsi karbohidrat olahan yang terlalu banyak juga berpotensi tinggi untuk memicu kedua penyakit tersebut. Kalori tambahan yang ada dalam makanan, terutama dari karbohidrat olahan, merupakan faktor penyebab obesitas dan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, bahkan bisa memperburuk kondisi kesehatan yang ada.

Zat apa yang harus diwaspadai?

Sebisa mungkin batasilah makanan yang mengandung beberapa bahan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana seperti tepung terigu, gula pasir atau sukrosa, high fructose corn syrup, sirup, serta berbagai olahan makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut seperti kue, biskuit, roti, cake, permen, mie, dan lainnya.

Apa yang disarankan?

Untuk sumber karbohidrat dalam diet Anda, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti gandum dan produk olahannya. Juga, pilih makanan yang mengandung takaran serat minimal 3 gram/porsi. Boleh saja untuk sesekali mengonsumsi karbohidrat olahan, tapi tetap ingat untuk mengonsumsi secara terbatas, karena dapat menyebabkan kegemukan dan penyakit diabetes. (dan)

BACA JUGA : Cara Bertubuh Sehat & Atletis ala Superhero

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes