Inilah 6 Kerusakan Penampilan akibat Merokok

Selain berefek buruk pada jantung, merokok juga diketahui bisa merusak paru-paru, otak, bahkan kehidupan seksual Anda. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa merokok juga bisa merusak penampilan Anda? Yuk, simak 5 kerusakan penampilan akibat merokok berikut ini, seperti dikutip dari Antaranews.com:

1. Sebagian besar orang menyangka bahwa kantung mata terjadi karena kurang tidur atau beristirahat. Namun menurut penelitian dari Johns Hopkins, efek nikotin akan membentuk kantong mata empat kali lebih parah dibandingkan dengan yang tidak merokok dan kurang beristirahat.

2. Nikotin yang terkandung dalam rokok juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Bila Anda menginginkan gigi Anda kembali putih, maka Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit, karena prosedur untuk memutihkan gigi bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Keriput memang wajar bila muncul sesuai dengan usia. Namun bagi orang yang masih muda dan keriput, hal ini menjadi satu masalah yang merusak penampilan. Inilah yang akan terjadi bila Anda merokok, karena para ahli telah membuktikan bahwa merokok bisa membuat usia kulit Anda lebih cepat menua daripada seharusnya.

Hal ini juga disebabkan karena aliran darah perokok tidak berjalan lancar. Sementara peredaran darah yang lancar sangat dibutuhkan kulit, supaya kulit tetap sehat, kenyal, dan terjaga kekencangannya.

4. Menurut penelitian di Taiwan, para ilmuwan membuktikan bahwa perokok pria akan lebih cepat mengalami kerontokan rambut dan kebotakan dibandingkan dengan pria yang tidak merokok. Para ilmuwan mengira bahwa racun kimia yang terdapat pada rokok bisa merusak sel DNA pada folikel rambut dan membuat regenerasi sel rambut menjadi rusak. Tidak hanya rontok, namun rambut juga lebih cepat beruban.

5. Tidak hanya pada kulit wajah, merokok juga berdampak buruk pada bagian kulit lainnya. Rokok merusak jaringan serat yang terkoneksi dengan sel tisu pada kulit, sehingga kulit kehilangan elastisitas dan kekuatan kulit.

Itulah yang menyebabkan terjadinya stretch mark atau selulit. Orang biasanya memiliki selulit karena bobot tubuh yang meningkat drastis, seperti pada wanita hamil. Namun rokok juga termasuk faktor lain yang memicu terbentuknya selulit.

Tak hanya itu, rokok memang dapat menahan rasa lapar, inilah yang menyebabkan bobot tubuh perokok biasanya lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Namun berdasarkan penelitian di Belanda pada 2009, perokok memiliki jaringan lemak yang lebih tebal dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Lemak ini akan banyak menumpuk dibawah kulit, dan juga pada organ dalam Anda. Bila diakumulasikan, lemak yang menumpuk ini bisa mengakibatkan obesitas yang berujung pada penyakit diabetes. (jay)

BACA JUGA : 6 Fakta Sehat Mengonsumsi Ubi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes