Inilah 8 Manfaat Kesehatan Makan Bawang Mentah

Sejak zaman dahulu kala, nenek dan kakek kita pasti sangat doyan memakan bawang secara mentah. Selain menambah aroma lezat pada makanan, bawang memang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Jika dimakan secara mentah, bawang merah dan bawang putih dapat benar-benar baik untuk tubuh kita. Bawang mentah memiliki senyawa sulfur dan vitamin esensial terbaik yang dapat dikonsumsi secara mentah. Jika dimasak, nutrisi dan vitamin penting justru akan hilang.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan dari bawang seperti dikutip Boldsky.com:

1. Menyembuhkan sembelit: Serat dalam bawang mentah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus.

2. Obat alami untuk sakit tenggorokan: Jika Anda menderita flu, batuk dan sakit tenggorokan, cobalah jus bawang segar. Tambahkan jaggery atau madu untuk jus bawang.

3. Obat untuk masalah pendarahan: Mengalami hidung berdarah atau wasir? Cobalah obati dengan bawang mentah. Ini adalah salah satu cara sederhana dan efektif sebagai obat rumahan untuk menyembuhkan wasir secara alami. Untuk menyembuhkan pendarahan hidung, potonglah bawang mentah dan cium baunya.

4. Mampu mengontrol diabetes: Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari makan bawang mentah. Jika dikonsumsi mentah, bawang meningkatkan produksi insulin. Jadi, jika Anda penderita diabetes, makanlah bawang mentah dalam bentuk salad secara teratur.

5. Melindungi jantung: Konsumsi secara teratur bawang mentah mampu melindungi jantung dari penyakit koroner. Ini bisa mengontrol tekanan darah tinggi dan juga membuka arteri yang tersumbat.

6. Mampu mengontrol kadar kolesterol: Tanaman herbal kecil ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk orang gemuk dan pasien jantung. Bawang mentah mengontrol kolesterol dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Bawang mengandung sulfida methylallyl serta mengandung sulfur amino-asam yang menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker: Bawang kaya akan senyawa belerang. Sulfur melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan kanker prostat, serta mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih.

8. Mencegah anemia: Kita sering melihat orang-orang menangis saat memotong bawang. Minyak yang mengandung sulfur dan organik sulfida bisa menyebabkan air mata setelah memasuki lubang hidung. Minyak ini membantu mengobati anemia. Dan, sebaiknya jangan digoreng atau dimasak, karena minyak dan efek dari organik sulfida akan berkurang. (jay)

BACA JUGA: Yuk, Hindari Kanker Payudara dengan Makan Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes