obesitas

Inilah Akibat Jika Orang Obesitas Sering di-‘Bully’

Orang yang kegemukan atau obesitas, kerap mendapat perlakukan kurang menyenangkan (bullying). Padahal, penelitian terbaru mengatakan bahwa hal itu bisa memperburuk keadaan seorang obesitas.

obesitas

Orang gemuk atau obesitas sering mendapat perlakuan kurang nyaman. Seperti diejek ketika berada di jalan, ditinggalkan teman-temannya, dicemooh oleh lawan jenis, hingga dijadikan objek foto oleh orang disekitarnya. Perliaku bullying tersebut bisa menyebabkan depresi pada orang obesitas. Lebih buruknya lagi, hal itu bisa justru semakin meningkatkan berat badan.

Dilansir MedicalNewsToday, studi terbaru dilakukan oleh Slimming World pada 2.573 orang yang telah berhasil menurunkan berat badan. Mereka mengaku mendapat perlakuan yang berbeda ketika masih obesitas. Ketika obesitas, mereka kerap mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan, seperti kesulitan berbagi tempat duduk saat berada di kendaraan umum, sering dijadikan objek gambar, mendapat komentar buruk dari pelayan supermarket, bahan tertawa pelayan toko ketika meminta pakaian dalam ukuran besar, serta sering dilewatkan saat antre.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 persen orang yang obesitas mengalami bully setidaknya seminggu sekali. Penghinaan tidak memotivasi para obesitas untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, bully menyebabkan rasa malu (47 persen), depresi (41 persen) dan merasa tidak berguna (30 persen).

Akibatnya, sebanyak 65 persen dari mereka mengalihkan perasaan tersebut pada makanan (emotional eating). Dan hanya dua persen yang termotivasi untuk menurunkan berat badan.

Sebanyak 63 persen peserta mengalami kenaikan berat badan sesaat setelah pertama kali mendapat penghinaan. Ini menunjukkan bahwa bully sangat berdampak buruk pada orang-orang obesitas.

Untuk itu, Slimming World menyerukan agar tidak selalu menghina atau mengejek orang yang mengalami obesitas. Pasalnya, hal itu bisa semakin membuat depresi, emotional eating, hingga kesehatan yang memburuk.

Dengan menunjukkan perhatian pada orang yang obesitas, akan berdampak positif untuk memberikan tambahan motivasi mengenai manajemen berat badan mereka. (ctr)

BACA JUGA: Yakin Bahwa Anda Tetap Sehat dengan Tubuh Obesitas?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes