Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Berolahraga!

Sebuah penelitian yang dilakukan di Indiana university menyatakan bahwa melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah pengerasan pembuluh darah dan risiko penyakit kardiovaskuler.

Faktor usia dan minimnya aktivitas seseorang menjadi penyebab terbesar terjadinya pengerasan pembuluh darah ini. Pembuluh darah yang mengeras akan kehilangan kelenturannya sehingga dapat menyebakan penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke.

Penelitian dilakukan pada 49 orang dewasa. 33 orang di antaranya adalah perenang dari U.S Masters Swimmers dan sisanya terdiri dari orang-orang yang jarang dan tidak pernah berolahraga.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa 33 perenang dari U.S Masters Swimmers memiliki risiko yang lebih kecil mengalami pengerasan pembuluh darah daripada partisipan yang lain. Bahkan, peneliti juga menyampaikan bahwa partisipan wanita lebih berisiko mengalami pengerasan otot daripada pria.

“Partisipan wanita menunjukkan risiko lebih besar mengalami pengerasan pembuluh darah. Khususnya wanita yang jarang berolahraga. Membiasakan diri berolahraga dapat memberikan manfaat yang besar bagi wanita,” tutur Maleah Holland, penulis penelitian dari University’s School of Health, Physical Education and Recreation.

Peneliti juga menyimpulkan, wanita yang tidak beraktivitas lebih berisiko mengalami penyakit kardiovaskuler daripada pria yang tidak beraktivitas, seperti dilansir Newshealth, 31 Mei 2012.

“Hasil penelitian ini semakin menguatkan asumsi bahwa tingkat aktivitas seseorang lebih berpengaruh terhadap kesehatan daripada faktor usia,” ungkap Joel Stager, profesor sekaligus direktur University’s Counsilman Center, Department Of Kinesiology. (dan)

BACA JUGA : Akupunktur Redakan Penyakit Paru Kronis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes