Inilah Manfaat Berlibur Bagi Kesehatan Anda!

Menurut hasil penelitian terbaru, pergi berlibur bisa membuat Anda lebih bahagia dan merasakan lebih banyak energi. Manfaat baik ini bisa bertahan selama setidaknya dua minggu setelah pulang berlibur.

Inilah Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Anda

Seperti dikutip Dailymail.co.uk, studi ini menemukan bahwa berlibur ke lokasi wisata eksotis, seperti Pulau Maladewa, bisa mengurangi risiko tekanan darah, membantu Anda tidur lebih baik, dan bangkit kembali dari stres.

Manfaat baik ini bisa bertahan di diri Anda setidaknya lebih dari dua minggu setelah pulang berlibur dan bahkan bisa berbulan-bulan dalam beberapa kasus. Menurut para ahli, setiap pekerja harus selalu mengambil hak liburan penuh setiap tahunnya untuk mengambil manfaat baik ini.

Studi yang dilakukan oleh operator tur Kuoni and Nuffield Health, organisasi peduli kesehatan terbesar di Inggris, ini membandingkan tanda-tanda kesehatan utama pada para turis yang mengunjungi Thailand, Peru, atau Maladewa, dengan orang-orang yang tinggal di rumah dan terus bekerja.

Hasilnya, tekanan darah rata-rata pada turis turun 6 persen, sedangkan pekerja mengalami kenaikan tekanan darah 2 persen selama periode yang sama. Kualitas tidur para turis meningkat sebesar 17 persen, sedangkan pekerja memburuk sebesar 14 persen.

Studi ini juga menemukan kemampuan turis dalam memulihkan diri dari stres – yang dikenal sebagai tes ketahanan stres – meningkat sebesar 29 persen. Sementara, ada penurunan 71 persen dalam skor ketahanan stres di kalangan pekerja.

Hasil tes turis juga menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah, penurunan risiko diabetes, lingkar pinggang yang lebih kecil, mood yang lebih baik, dan tingkat energi yang meningkat. Efek ini berkelanjutan selama setidaknya dua minggu setelah kembali ke rumah. (jay)

BACA JUGA: Telat Makan Siang Bisa Gagalkan Diet, Lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes