Inilah Manfaat Terapi Musik Saat Operasi

Selain membangkitkan semangat, musik juga memiliki manfaat yang baik di bidang kedokteran. Menurut penelitian terbaru, terapi musik bisa membantu menenangkan pasien sebelum, selama dan setelah operasi, serta mengurangi rasa sakit dan mempercepat waktu pemulihan.

manfaat-terapi-musik

Kesimpulan ini berdasarkan hasil sebuah review oleh University of Kentucky yang meneliti penggunaan musik dalam tahap pra-operasi, operasi dan pasca-operasi bedah. Dan, musik terbukti memiliki hasil positif di semua tiga tahap tersebut.

Musik berirama tenang, lambat, dan lembut ternyata menghasilkan hasil yang paling positif dalam memberikan relaksasi dan mengurangi rasa sakit pada pasien.

Menurut laporan Southern Medical Journal, data-data ini menunjukan bahwa musik dapat bermanfaat dalam mengurangi biaya dan lama tinggal para pasien di unit perawatan intensif.

Selain itu, para pasien terlihat kurang cemas sebelum prosedur dan pulih lebih cepat dan memuaskan setelah mendengarkan musik selama tahap operasi dan pasca-operasi. Mereka juga membutuhkan sedikit sedasi dan melaporkan kepuasan yang lebih baik dengan pengalaman medis mereka.

“Di sini, di Inggris (University of Kentucky), para ahli terapi musik kami secara teratur menggunakan musik berbasis intervensi untuk membantu pasien dalam mengelola rasa sakit dan kecemasan,” ujar Lori Gooding, direktur terapi musik.

Musik yang dipilih oleh ahli terapi ini harus disukai, karena pedoman khusus untuk pilihan musik harus diikuti dalam upaya untuk memaksimalkan efek positif pada pasien, meskipun selera musik pasien masih harus dipertimbangkan.

Karakteristik musik juga penting dalam terapi musik yang efektif. Di antara fitur-fitur lainnya, seperti tempo, ritme dan volume musik, harus dikontrol dengan hati-hati untuk memaksimalkan efek positif dari musik.

Gooding dan rekannya Olivia Yinger telah menyuguhkan temuannya tersebut di Swedia pada 2013 lalu.

BACA JUGA : Inilah Manfaat Kesehatan dari Jeruk Bergamot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes