Insomnia Bikin Otak Jadi Sulit Berpikir

Penderita gangguan sulit tidur atau insomnia berisiko mengalami gangguan konsentrasi keesokan harinya selama sehari penuh karena bagian otak ‘penjelajah’ mereka terus aktif dan tidak bisa berhenti. Itulah temuan dari hasil studi yang dilakukan di Amerika baru-baru ini.

Insomnia-Bikin-Otak-Jadi-Sulit-Berpikir

Penderita insomnia cenderung mengandalkan wilayah ‘default mode’ di dalam otak mereka saat melakukan tugas yang menggunakan kemampuan memori singkat atau jangka pendek. Temuan ini mungkin dapat membantu menjelaskan mengapa penderita insomnia lebih sulit berpikir secara efisien di jam kerja.

Lebih jauh peneliti menemukan bahwa penderita insomnia akan merasa pekerjaan mereka lebih berat sehingga mereka akan bekerja lebih keras ketimbang mereka yang mendapatkan tidur nyenyak di malam hari. Padahal beban kerja mereka sebenarnya sama.

Seperti dilansir zeenews, Sean Drummon selaku penulis studi dari University of California mengatakan, “Data ini membantu kita memahami bahwa orang yang mengalami insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur di malam hari, namun otak mereka juga tidak berfungsi dengan baik keesokan harinya selama sehari penuh.”

Pada dasarnya insomnia dapat diatasi dengan beberapa cara seperti mandi air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik yang menenangkan, dan tidak melakukan aktivitas seperti membaca atau menonton tv sebelum tidur agar otak bisa beristirahat. (dan)

BACA JUGA : 40 Persen Manusia Berpotensi Wasir, Ini Cara Mencegahnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes