Insomnia Incar Remaja Penyuka Video Game

Menurut penelitian terbaru, para remaja yang ingin tidur cukup di malam hari sebaiknya harus menghindari bermain video game berkepanjangan.

Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S2 Daniel King di Flinder’s University Sleep Lab, menemukan bahwa berjam-jam main video game sesaat sebelum tidur akan menyebabkan gangguan tidur signifikan dalam sekelompok remaja pria.

Menurut laporan jurnal internasional Journal of Sleep Research, para partisipan remaja itu diteliti dengan memainkan video game perang terbaru selama 50-150 menit pada dua malam yang berbeda di Sleep Lab. Lalu, lama tidur dan denyut jantung mereka dimonitor, serta laporan subjektif mereka, yang digunakan untuk menilai efek bermain game berkepanjangan.

Psikolog tidur anak di Flinders, Michael Gradisar, yang mengawasi penelitian tersebut, mengatakan ada kerugian 27 menit di total waktu tidur setelah 150 menit bermain game berdasarkan tes polysomnography dan penundaan 39 menit dalam waktu tidur mereka, yang sesuai dengan buku harian tidur para peserta.

“Ketika mereka ingin tidur pada waktu tidur biasa, mereka masih mengalami gangguang tidur signifikan yang disebabkan seringnya terjaga sepanjang malam,” kata Gradisar.

“Tidur terdiri dari banyak tahapan yang berbeda dan REM sleep, yang juga dikenal sebagai tidur bermimpi, juga berkurang sebanyak 12 menit di antara remaja yang bermain game selama lebih dari 2 jam,” katanya.

“Ini mungkin tidak terlihat seperti penurunan yang signifikan, tetapi REM berperan penting dalam membantu kita mengingat konten yang kita pelajari di hari sebelumnya. Jadi, bagi remaja yang masih sekolah di tahun terakhir untuk ujian, bergadang di malam hari dengan video game mungkin bukan ide yang baik. ”

Gradisar mengatakan, remaja yang bermain game selama 50 menit hampir tidak memiliki kesulitan tidur atau tidur lelap. Namun, gangguan tidur secara signifikan dilaporkan setelah bermain game selama 150 menit. (jay)

BACA JUGA : Inilah Sebabnya Kanker bisa Sangat Berbahaya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes