Istirahat Sama Pentingnya dengan Olahraga

Menurut para ahli, istirahat dalam durasi pendek ternyata sama pentingnya dengan olahraga berintensitas rendah untuk menjaga tubuh agar terus sehat dan bugar.

istirahat sama pentingnya dengan olahraga

Selain dibutuhkan untuk pemulihan otot, istirahat juga sangat dibutuhkan untuk mempercepat tubuh agar lebih bugar. Hasil penelitian tersebut disimpulkan oleh para ilmuwan di University of Stirling, Inggris, seperti dikutip Zeenews.com.

Dalam studi tersebut, ilmuwan melibatkan 12 pengendara sepeda yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan olahraga berintensitas tinggi, yang diselingi dengan waktu istirahat pendek, selama tiga kali seminggu.

Dalam setiap sesi, mereka mengayuh sekuat mungkin, tetapi dibawah kecepatan sprint, selama 4 menit, kemudian berhenti selama 2 menit, sebelum mengulangi pola tersebut sebanyak 5 kali.

Kelompok kedua mengayuh terus-menerus selama 1 jam pada kecepatan yang sedikit lebih rendah, selama 3 kali seminggu. Setelah 4 minggu, kedua kelompok tersebut menyelesaikan program ini.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa kelompok pertama, yang menggabungkan olahraga intensitas tinggi dan rendah, menjadi yang paling menguntungkan dan menghasilkan 2 kali lebih besar peningkatan kekuatan dan performa.

Menurut peneliti Dr. Angus Hunter, meski olahraga berintensitas tinggi itu penting, tetapi kombinasi dengan intensitas rendah juga memiliki dampak yang terbesar.

Diperkirakan bahwa otot lebih sulit untuk pulih setelah periode olahraga yang panjang, ketimbang setelah olahraga periode pendek, bahkan jika Anda lebih bugar secara fisik sekalipun.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology. (jay)

BACA JUGA:
Ingin Bakar Lemak Lebih Banyak? Cobalah Olahraga Sebelum Sarapan!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes