latihan beban

Jaga Berat Badan Pasca Diet Dengan Latihan Beban

Jika sudah berhasil menurunkan berat badan, banyak yang mulai enggan latihan. Nah, inilah alasan mengapa latihan beban sangat penting dilakukan terutama bagi mereka yang berhasil menurunkan berat badan.

latihan beban

Olahraga atau latihan merupakan langkah penting dilakukan pasca seseorang berhasil menurunkan berat badannya. Namun, tidak jarang beberapa kasus muncul bahwa masih banyak yang mengalami kenaikan berat badan kembali.

Para ahli gizi mengatakan, pelaku diet biasanya akan melakukan kegiatan yang membakar kalori lebih sedikit daripada saat mereka masih kelebihan berat badan. Padahal hal itu bisa membuat bobot tubuh mereka kembali melar.

Dalam studi yang dipublis di Medicine & Science in Sports & Exercise disebutkan, latihan beban sangat efektif menjaga berat badan seseorang pasca berhasil dalam melakukan program diet.

Pada studi, peneliti mekakukan penelitian pada 100 wanita yang dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu yang tidak melakukan latihan, melakukan latihan (jalan-jalan,jogging, treadmill tiga kali seminggu), serta latihan beban tiga kali seminggu. Hasilnya, yang melakukan latihan, terutama latihan beban dapat menjaga berat badannya karena lebih banyak membakar kalori.

“Sudah jelas bahwa olahraga atau latihan sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan agar tetap stabil,” kata Dr. Gary R. Hunter dari University of Alabama, Birmingham, seperti dikutip dari NYTimes, Senin (02/02).

Peneliti menyimpulkan, olahraga atau latihan, terutama latihan beban, sangat membantu seseorang menjaga berat badan setelah berhasil menurunkan berat badan.

Intinya, semakin banyak membakar kalori serta menjaga asupan makanan yang sehat, akan sangat membantu seseorang untuk menjaga berat badannya agar tidak kembali naik. (ctr)

BACA JUGA: Inilah Manfaat Olahraga Bareng Pasangan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes