Jangan Lakukan Apa Yang Saya Lakukan di Gym Tadi Sore

Beberapa hari ini saya sibuk sekali, dan bahkan tidak mempunyai waktu untuk beristirahat, banyak meeting urusan SixReps kesana kemarin, dan tahu sendiri, seberapa macetnya Jakarta. Bahkan saya kemarin menyempatkan pulang lebih awal dengan tujuan mau ngegym sebentar, at least 15-20 menit dan hanya mendapati saya terjebak kemacetan. Gym terpaksa dilewatkan, dan saya hanya bisa mandi, dan langsung berangkat for another dinner meeting dengan teman-teman yang lain.

Hari ini, schedule meeting saya hanyalah pagi, siang sebelum lunch saya sudah bisa pulang ke rumah. Tetapi pulang ke rumah bukan berarti saya menganggur saja. Pekerjaan saya masih menumpuk karena hari sebelumnya saya tidak sempat mengerjakan apapun. Saya membulatkan tekad bahwa nanti saya harus ke gym untuk berlatih karena sudah 2 hari off. Agak sore pekerjaan saya belum selesai dan saya merasa sedikit lapar, sehingga saya memutuskan untuk ngemil satu buah pisang yang berukuran lumayan besar. Saya pikir cukup untuk bersiap-siap ke gym, kurang lebih pukul 4 atau 3.30an lah, agak lupa saya.

Tetapi pekerjaan saya ternyata menyita waktu, saya pikir mau berangkat ke gym yang cuman terletak beberapa ratus meter dari apartment saya, tetapi saya harus menuntaskan beberapa hal. Ketika akhirnya saya selesai, jam sudah menunjukkan pukul 5.20an. Saya merasa ‘tidak kenyang’. Belum terlalu lapar, tapi ada sedikit. Saya cuci muka biar segar, membulatkan tekad, daripada bermalas-malasan, dan jalan menuju ke gym.

Sampai di gym, jam di dinding menunjukkan pukul 5.30 sore, dan tidak ada satu orang pun di sana. Memang enak berlatih di gym apartment:) Saya melakukan beberapa pemanasan dan langsung melakukan angkat beban. Di pikiran saya, intensity is they key untuk latihan dengan waktu yg sempit. Sehingga daripada saya bench press dan antar set saya harus menunggu 1-2 menit, saya melakukan bench press dan langsung melakukan lat pull down baru kemudian istirahat 1-2 menit tiap setnya. Setelah 4 set dengan 2 alat tersebut selesai, saya mengganti posisi bermain incline bench press dan close grip lat pull down. Setelah 4 set juga, saya menimbang2, jam sudah menunjukkan pukul 6 tepat, dan saya merasa agak tidak fokus. So saya stop berlatih beban, mengambil handuk dan bermain crosstrainer. Bermain cross trainer 5 menit, saya merasa lebih tidak fokus lagi dan mata saya capek sekali.

Segera saya berhenti berlatih, dan bergegas pulang ke apartment. Di lift apartment, sudah mulai terasa agak mual. Saya tahu bahwa gula saya ngedrop. Masuk ke apartment, tangan sudah mulai gemetar, badan lemas sekali. Saya ambil yogurt yang sudah saya persiapkan di kulkas, makan dengan tangan gemetar, dan saya tidak membaik. Protein / whey urusan belakang, saya harus memasukkan karbo ke tubuh saya. Saya buka kulkas, yang ada cuma yogurt with 0% fat. Saya sudah bingung mencari sumber gula dan akhirnya saya melihat di bawah kulkas ada beberapa kotak fruit tea hasil pemberian Garuda ketika saya terbang ke Jakarta kemarin. Saya ambil yang rasa apel, cepat-cepat saya minum, kurang lebih separuh saja, dan gemetar saya berangsur-angsur hilang.

Saya beristirahat sekitar 5 menit, kemudian menyiapkan Iso sensation untuk whey protein saya dan saya beri sedikit glutamine untuk mempercepat recovery muscle saya. Setelah itu saya duduk di meja makan, bersandar, beristirahat, dan akhirnya setelah sekitar 15 menit, saya kembali segar. Gemetar hilang, lemas hilang, everything good, tinggal capek di otot-otot saya saja karena baru berlatih beban which is fine. Phiew, akhirnya….

Iso Sensation 93

Glutapure

Belajar dari apa yang baru terjadi, itu sebabnya saya selalu menyarankan jangan berlatih Angkat Beban pagi hari perut kosong. Latihan Beban itu menggunakan karbohidrat sebagai sumber energynya. Ketika saya berangkat dengan rasa ‘sedikit lapar’, itu artinya saya butuh makan sebenarnya, gula darah saya sudah cukup rendah dan saya melakukan Angkat Beban. Itu benar-benar mengurasnya. Juga saya tidak menyarankan melakukan aerobic atau treadmill terlebih dahulu baru kemudian angkat beban. Karena aerobic dan treadmill di awal tersebut akan menghabiskan gula darah Anda, dan setelah itu Angkat beban Anda membutuhkan gula darah yang sudah habis. Efeknya akan sama dengan apa yg terjadi dengan saya barusan.

Lesson! Jangan lakukan apa yang baru saja lakukan tadi….. Makanlah karbohidrat cukup sebelum gym, 2 jam untuk sebuah pisang tidaklah cukup. Kalau Anda makan nasi merah atau oatmeal dalam jumlah banyak, 1.5 jam sebelum latihan masih bisa. Yang pasti dengarkan tubuh Anda….

Salam
@dennysantoso

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes