Jarang Panjat Pohon Lemahkan Kondisi Fisik Anak-Anak

Beruntunglah Anda yang semasa kecil dulu suka memanjat pohon, sebuah aktivitas yang kini sangat jarang ditemui di tengah gencarnya perkembangan teknologi seperti gadget dan ponsel pintar yang membuat anak-anak jaman sekarang malas beraktivitas.

Jarang-Panjat-Pohon-Lemahkan-Kekuatan-Fisik-Anak-Anak

Penelitian mengungkap bahwa anak-anak jaman sekarang kekuatan ototnya lebih lemah daripada anak-anak yang lahir 10-15 tahun yang lalu, karena anak-anak jaman dulu lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas fisik, seperti memanjat pohon, lompat tali, hingga berenang di sungai.

Peneliti mempelajari 315 orang anak berusia 10 tahun pada 2008 dan dibandingkan dengan 309 anak-anak dengan usia sebaya di tahun 1998.

Peneliti menemukan bahwa anak-anak jaman sekarang memiliki kemampuan yang lebih rendah dalam melakukan sit-up dan bergelantungan pada pipa besi di sebuah taman bermain ketimbang anak-anak pada 10-15 tahun lalu.

Seperti dilansir telegraph, Dr Gavin Sandercock selaku pimpinan penelitian dari Universitas Essex menyatakan, “ Bisa jadi hal ini akkbat perubahan aktivitas pada anak-anak, seperti jarang memanjat pohon, lompat tali, dan aktivitas fisik lain untuk bersenang-senang.”

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal kesehatan anak Acta Paediatrica. (dan)

BACA JUGA : Selain Kebutaan, Diabetes Juga Sebabkan Tuli

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes