Jenis Olahraga yang Wajib Dilakukan Semua Orang!

Keseimbangan merupakan jenis skill yang sering diabaikan. Keseimbangan itu tak hanya dibutuhkan oleh para ballerina, tetapi juga dibutuhkan oleh beberapa jenis olahraga seperti sepakbola, basket, dan lainnya.

“Keseimbangan adalah dasar untuk menghindari cedera dan ber-performa baik,” ujar David Jack, Direktur Teamworks Fitness in Acton, Massachusetts (AS), and pencipta High-Intensity Body-Weight Workout.

Keseimbangan bisa membantu untuk mencegah terjatuh, yang merupakan penyebab utama cedera yang berhubungan dengan kematian pada orang dewasa. Tak hanya itu, skill ini juga harus dilatih untuk setiap pria atau wanita yang aktif.
“Koordinasi, daya tahan, kapasitas kerja, kecepatan, kekuatan — semua itu menjadi dasar keseimbangan,” jelas Jack seperti dikutip ThePostGame.com.

Bagaimana bisa?
Bila Anda kekurangan keseimbangan, tubuh Anda akan selalu menyebabkan Anda terjatuh. Sebagai contoh, lutut Anda akan menjorok ke depan ketika Anda mendarat usai melompat. Kabar baiknya: Anda kemungkinan tidak akan terguling. Kabar buruknya: Ini menempatkan tekanan ekstra pada lutut Anda. Seiring waktu, sendi akan rusak, mengakibatkan kondisi yang menyakitkan yang disebut patellar tendonitis.

“Banyak cedera, seperti hamstring pulls, Achilles tendonitis, ACL (anterior cruciate ligament) yang disebabkan oleh pola gerakan tidak benar,” kata Jack.

Kedengarannya memang aneh, tetapi kurangnya keseimbangan juga bisa membuat Anda lebih lambat. Ketika otot-otot merasakan ketidakstabilan, otak Anda akan merasakan sinyal tersebut. Agar tidak terjatuh, otak Anda akan menghambat otot-otot yang terlibat. Jadi, semakin keras Anda mencoba, Anda tetap tidak akan bisa menambah kekuatan untuk tidak jatuh.

Untuk meningkatkan keseimbangan, cobalah jenis olahraga single-leg straight-leg deadlift reach.


Tahapan Pelaksanaan:

  • Genggam dumbbel di masing-masing tangan
  • Bungkukan bagian atas tubuh Anda ke depan saat Anda mengangkat kaki kanan Anda ke udara.
  • Turunkan lengan kiri Anda sampai tangan Anda di bawah lutut Anda.
  • Jaga punggung lurus dan persegi pinggul Anda.
  • Kembali ke posisi awal dengan mendorong berat badan Anda dengan tumit.
  • Lakukan 10 sampai 15 repetisi, lalu ulangi pada kaki yang lain.

Apa yang membuat jenis latihan ini sangat efektif? Latihan ini memaksa Anda untuk menstabilkan diri pada satu kaki sambil menggerakkan kedua lengan dengan arah berlawanan, seperti yang Anda lakukan ketika Anda sedang berlari.
So, tunggu apa lagi dan selamat mencoba! (jay)

BACA JUGA : Perbaiki Postur Tubuh dengan Traps Weight Training

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes