cara membentuk otot

Jogging Terlalu Berat Bisa Mengurangi Harapan Hidup

Jogging memang baik bagi kesehatan. Namun, hasil studi terbaru mengatakan bahwa jogging terlalu berat justru dapat membahayakan. Bahkan bisa mengurangi harapan hidup.

jogging

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat memperpanjang harapan hidup. Bahkan, studi pada baru-baru ini mengatakan jika jogging 20 menit setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 16-30 persen.

Penelitian kali ini dilakukan oleh Dr Peter Schnohr dari Rumah Sakit Frederiksberg di Kopenhagen, Denmark yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology.Dr. Schnohr dan rekannya menganalisis 5.048 orang yang merupakan bagian dari Copenhagen City Heart Study. Dari jumlah tersebut, 1.098 adalah orang yang melakukan jogging dan 3.950 yang tidak melakukan jogging.

Selama lebih 12 tahun, peneliti menganalisa frekuensi jogging, durasi, dan kecepatan jogging. Hasilnya jogging lebih dari beberapa kali seminggu dengan kecepatan tinggi ‘mungkin berbahaya’.

Selama studi terjadi 28 kematian di antara yang jogging dan 128 pada yang tidak melakukan jogging. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang jogging selama 1-2,4 jam seminggu tidak lebih dari 3 hari, memiliki tingkat kematian terendah. Tingkat kematian yang lebih rendah diidentifikasi di antara mereka yang jogging pada kecepatan lambat atau sedang. Tingkat kematian tertinggi ditemukan pada orang yang jogging lama dan tidak melakukan jogging.

“Hubungan antara jogging dan kematian menunjukkan mungkin ada batas latihan yang optimal yang bermanfaat bagi kesehatan. Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan risiko kematian dan meningkatkan harapan hidup, jogging beberapa kali seminggu di kecepatan sedang adalah strategi yang baik. Sesuatu yang lebih bukan hanya tidak perlu, tapi mungkin berbahaya,” kata Dr Schnohr dikutip dari MedicalNewsToday, Rabu (04/02).

“Ketika dilakukan selama beberapa dekade, tingkat aktivitas ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, terutama untuk sistem kardiovaskular,” tambahnya.

Pada bulan November 2014 lalu, sebuah studi menyarankan berjalan selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu dapat memperlambat proses penuaan. (ctr)

BACA JUGA: Nonton Film Porno Dapat Picu Bahaya Penyakit Seksual?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes