Jus Tomat Ampuh Pulihkan Tubuh Usai Olahraga!

Menurut penelitian terbaru di Inggris, jus tomat bisa lebih baik dalam membantu pemulihan tubuh setelah olahraga ketimbang minuman energi.

jus tomat 2

Seperti dikutip Zeenews.com, para ahli mengatakan bahwa tomat menyajikan senyawa-senyawa kimia penting yang membantu otot pulih dan tingkat darah kembali normal setelah diregangkan dan ditegangkan.

Para ahli dari sejumlah lembaga kesehatan di Yunani melakukan tes pada 15 atlet selama dua bulan dan meneliti tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Sebanyak 9 atlet minum jus tomat setelah latihan dan 6 lainnya mengonsumsi minuman energi bersoda.

Hasilnya, otot para atlet yang minum jus tomat mampu pulih lebih cepat dan kadar glukosa mereka juga kembali normal lebih cepat setelah olahraga berat.

Tomat diketahui mengandung senyawa yang disebut lycopene, senyawa yang memberi warna pekat. Anti-oksidan dalam tomat sudah dikenal mampu memerangi kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang mengadopsi diet Mediteranian bisa hidup lebih lama.

Dalam studi terbaru, enzim dalam level membahayakan yang berkontribusi pada kerusakan otot dan otak berhasil kembali normal lebih cepat pada para atlet yang minum jus tomat setelah berolahraga.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology. (jay)

BACA JUGA: Bayi Caesar Berisiko Tinggi Terkena Asma & Alergi?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes