Kacang Tanah Tak Kalah Pamor dari Kacang Almond

Kacang almond memang sangat baik untuk jantung. Almond dipercaya ampuh menurunkan tingkat kolesterol serta mengurangi kolesterol jahat. Tapi, bukan berarti jenis kacang-kacangan lainnya tak ada yang memiliki manfaat serupa.

Kacang tanah, untuk ukuran harga, jelas jenis kacang ini sangat bersahabat dengan kantong. Kacang ini juga memiliki minyak sehat sama seperti yang dimiliki almond. Sehingga, kacang tanah juga bekerja mengurangi risiko penyakit jantung. Plus, sangat cocok menjadi camilan penurun bobo tubuh.

“Mereka yang menyantap kacang tanah dan produk kacang tanah lainnya cenderung memiliki massa indeks tubuh (BMI) lebih rendah,” ungkap penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University, AS.

Mungkin saja karena kacang tanah tersebut menggantikan posisi makanan lain yang tak sehat. Penelitian dari Harvard School of Public Health dan Brigham and Women’s Hospital juga menyatakan hal serupa: Pelaku diet kalori rendah yang memasukkan kacang tanah, selai kacang, dan lemak sehat lain ke dalam menunya lebih banyak menurunkan berat badan. Mereka juga lebih baik menjalankan program diet ketimbang yang melakukan diet rendah lemak.

Kini, perhatikan barang belanjaan Anda dan porsi makan Anda. Cukup 1/4 cangkir kacang tanah reguler tanpa garam bisa Anda kukus, rebus ataupun panggang. Atau pilihan lainnya, dua sendok makan selai kacang alami tanpa gula setiap hari.

“Simpan kacang-kacangan Anda di dalam kulkas supaya tak mudah rusak,” tutup David Grotto, R.D, penulis 101 Optimal Life Foods. (aai)

BACA JUGA: Waspada, Merokok saat Hamil Sebabkan Meningitis pada Bayi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes