Kafein Picu Detak Jantung Menjadi
Tidak Teratur?

Setengah dari para penderita atrial fibrillation (AF), suatu kondisi yang ditandai dengan denyut jantung tidak teratur, mengatakan bahwa makanan dan minuman tertentu bisa memperburuk gejala mereka, terutama yang mengandung kafein.

Kafein Picu Detak Jantung Menjadi Tidak Teratur

Seperti dikutip Zeenews.com, AF disebabkan oleh sinyal-sinyal listrik yang rusak dalam hati dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 5 kali lipat dan stroke sebanyak 3 kali lipat.

Oleh karena itu, diet penderita AF sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Namun, studi ini menunjukkan adanya delay rata-rata 2,6 tahun antara gejala awal dan orang yang sudah terdiagnosis AF sebelumnya.

“Sebanyak 50 persen dari para penderita AF mengatakan bahwa kafein memperburuk gejala sakitnya, namun mengejutkan bahwa bukti yang mendukung hubungan ini hanya sedikit ditemukan,” ujar Jo Jerrome, wakil kepala eksekutif dari Atrial Fibrillation Association, Inggris.

Dr. Andrew Grace, konsultan ahli jantung di Papworth Hospital, Cambridge, berpendapat bahwa orang akan merasakan aritmia (gangguan irama jantung) mereka saat konsumsi kafein, karena meningkatnya kekuatan kontraktil jantung.

Kafein adalah obat psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia, dengan miliaran orang yang mengandalkannya sebagai solusi cepat. Namun, efek rangsangan kafein memiliki kelemahan. Selain aritmia jantung, stimulan ini juga dilaporkan terkait dengan penyakit hipertensi, migrain, dan gangguan tidur, seperti insomnia.

Di sisi lain dari penelitian bertajuk Women’s Health Study yang melibatkan lebih dari 33.000 wanita sejak 1993 ini, menemukan bahwa konsumsi kafein tinggi tidak berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit AF.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine ini juga menemukan bahwa konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko kematian secara spesifik. Bahkan faktanya, peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dini dibandingkan dengan non-peminum kopi. (jay)

BACA JUGA: Inilah Bahaya Soft Drink pada Gigi Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes