Kandungan Kedelai yang Bebaskan Orang dari Serangan Jantung

Makanan sehat yang satu ini memang jarang dikonsumsi dalam bentuk aslinya. Banyak orang mengonsumsinya dalam bentuk olahan seperti tahu, tempe atau dalam bentuk sari kedelai.

kandungan-kedelai

Tidak bisa dipungkiri bahwa kedelai adalah sumber makanan sehat yang bisa menghindarkan Anda dari risiko penyakit berbahaya. Bukan tanpa alasan mengapa kedelai menjadi salah satu sumber makanan sehat. Salah satu alasannya adalah, makanan ini diperkaya dengan isoflavon yang tinggi.

Isoflavon dikategorikan dalam fitokimia, yakni senyawa yang hanya dapat ditemukan dalam tumbuhan. Kedelai juga termasuk jenis fitoestrogen atau hormon tumbuhan yang hampir menyerupai hormon esterogen pada manusia dalam struktur kimia.

Dari jenis kacang-kacangan lainnya, seperti kacang polong dan kacang tanah, kacang kedelai memiliki senyawa isoflafon yang cukup unik yakni genistein daidzein.

Isoflavon unik ini disinyalir dapat membantu mencegah penumpukan plak pada arteri sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Isoflavon juga dikenal efektif memerangi kanker payudara dengan cara menghalangi penyebaran sel-sel kanker pada tubuh manusia.

Isoflavon juga dapat melawan osteoporosis dengan merangsang pembentukan tuang dan menghambat resorpesi tulang, bahkan dapat menghilangkan beberapa gejala pada manopause.

Studi yang digelar di University of California menunjukkan bahwa isoflavon dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat dan membuat sel-sel kanker tersebut mati. Studi serupa yang dilakukan University of Illinois dan University of Hong Kong menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi kedelai maka kandungan mineral dalam tulang akan bertambah sehingga dapat menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Cara terbaik mendapatkan manfaat kesehatan dari isoflavon adalah mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon tinggi seperti kedelai dan olahannya.

Para peneliti merekomendasikan mengonsumsi kedelai setidaknya satu atau dua porsi sehari. Satu porsi sama dengan satu ons kacang kedelai. Tahu dan tempe adalah salah satu makanan yang terbuat dari kedelai yang paling mudah disiapkan.

So, jangan ragu lagi makan tahu dan tempe agar tubuh Anda senantiasa sehat dan panjang umur. (dan)

BACA JUGA : 7 HARI SEHATKAN PARU-PARU

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes