Kasus AIDS di Indonesia Bertambah Ribuan Per Tahun

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember lalu, Kementerian Kesehatan RI merilis data resmi jumlah kasus HIV/AIDS di Indonesia.

Sebanyak 3.892 kasus dan 1.673 kasus baru HIV/AIDS terjadi di Indonesia pada kuartal kedua atau sepanjang April hingga Juni 2012, menurut laporan Antaranews.com.

Untuk persentase faktor risiko tertinggi diakibatkan oleh hubungan seks tidak aman pada heteroseksual sebesar 50 persen, di mana mayoritas kasus itu dialami oleh mereka yang berusia 25-47 tahun atau 72 persen.

Demikian pula untuk transmisi AIDS yang disebabkan oleh hubungan heteroseksual yang tidak aman mencapai 84 persen, di mana mayoritas kasus itu dialami oleh mereka yang berusia 30-39 tahun atau 72 persen.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nova Riyanti Yusuf atau Noriyu meminta kepada Kementerian Kesehatan dan juga seluruh stakeholders agar memperhatikan aspek pencegahan dan promosi kesehatan bebas HIV/AIDS.

“Karena ada 2 metode penularan yang tertinggi di Indonesia. Pertama, menurut data Kemenkes yang dipresentasikan pada Komisi IX RI oleh Menkes, pertama adalah karena hubungan seks risiko tinggi. Kedua, karena penasun (penggunaan narkoba suntik). Dan tren terbaru pemakaian ATS (Amphetamine-Type Stimulant) semacam inex, dan lain sebagainya yang meningkatkan libido pemakai sehingga terjadi hubungan seks risiko tinggi. Hal itu perlu pencegahan dan promosi secara besar-besaran,” kata Noriyu.

“Jangan sampai terjadi diskriminasi terhadap mereka. Mereka berhak mendapat peningkatan QOL (Quality of Life) atau kualitas hidupnya, seperti mempermudah akses obat ARV (anti retroviral) dan mendapat obat-obat untuk IO (infeksi oportunistik),” harap Noriyu yang juga seorang dokter.

Di samping itu, perlu ada pemahman dari masyarakat bahwa cara-cara penularan bisa terjadi seperti apa dan bagaimana. “Sehingga pada saat menghadapi mereka, tidak menyakiti perasaan mereka,” tambah Noriyu. (jay)

BACA JUGA : Latihan Fisik Bisa Membuat Anda Semakin Pintar!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes