Kasus HIV Mulai Menyerang Ibu dan Anak

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sekitar 30 persen dari 566 kasus kasus HIV/AIDS di Babel, telah menyerang pada ibu rumah tangga dan anak-anak yang tidak berdosa.

“Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan adanya peran serta pemerintah dan masyarakat dalam mensosialisasikan tentang bahaya penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) untuk meredam perkembangan kasus tersebut,” ujar Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Babel, Pari Pusta di Pangkalpinang, seperti dikutip Antaranews.com.

Selain itu, pemerintah juga harus memperhatikan masyarakat yang terjangkit HIV/AIDS tersebut dengan mengupayakan pengobatan secara rutin agar tetap bisa bertahan seperti halnya masyarakat normal lainnya.

Parni berharap masyarakat yang terjangkit HIV itu, terutama para ibu rumah tangga dan anak-anak, agar tetap menjaga kesehatan tubuhnya untuk bisa bertahan.

“Para ibu rumah tangga dan anak-anaknya yang terjangkit itu harus tegar dan berusaha untuk memerangi virus yang ada dalam tubuh itu,” ujarnya.

Manurutnya, memang virus itu sampai saat ini belum bisa disembuhkan secara total, akan tetapi dengan menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin akan memberikan semangat dan bisa bertahan.

Selain itu, KPA Babel berharap kepada masyarakat yang terjangkit HIV untuk tidak menyebarluaskan penyakit itu secara sengaja agar tidak menyebar dan meresahkan masyarakat di daerah itu.

“Terutama yang paling berpotensi menyebarkan virus tersebut adalah hubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi,” ujarnya.

Parni menambahkan, alangkah baiknya para pengidap itu memiliki kesadaran untuk memotong jalur penyebaran penyakit berbahaya itu dan ikut serta melakukan sosialisasi bahayanya penyakit HIV tersebut. (jay)

BACA JUGA : Kurang Jam Tidur Bisa Pengaruhi Daya Memori

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes