kebiasaan sehat

Kebiasaan Sehat Tergantung Pada Pasangan?

Banyak yang mengatakan atau mengalami bahwa menghilangkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok sangat sulit. Nah, dukungan dari pasangan ternyata dapat membawa pengaruh.

kebiasaan sehat

Para ilmuwan menyebut bahwa seseorang bisa berhenti merokok, mulai aktif, dan juga menurunkan berat badan tergantung apa yang pasangannya lakukan. Hasil penelitian mengatakan bahwa perubahan yang lebih berhasil dilakukan pada mereka yang pasangannya juga melakukan perubahan.

Gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan beragam penyakit kronis hingga berujung kematian. Seperti kebiasaan merokok, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang buruk, dan konsumsi alkohol. Mengganti kebiasaan buruk dapat mengurangi risiko penyakit, termasuk kanker.

Penelitian mengamati 3722 pasangan di atas usia 50 tahun yang telah menikah atau hidup bersama dan tergabung dalam the English Longitudinal Study of Ageing (ELSA). Penelitian ini dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine.

Misalnya, pada perempuan yang merokok, 50 persen berhasil berhenti merokok jika pasangan mereka berhenti merokok juga pada saat yang sama, sementara 17 persen wanita berhasil berhenti merokok karena pasangannya telah berhenti merokok, dan hanya delapan persen keberhasilan jika pasangannya masih menjadi perokok.

Hasil studi yang sama ditemukan pada pria yang lebih mungkin untuk berhenti merokok, menjadi semakin aktif, atau menurunkan berat badan jika pasangannya juga melakukan perubahan.

“Sekarang adalah saatnya untuk membuat resolusi tahun baru untuk berhenti merokok, berolahraga, atau menurunkan berat badan, serta melakukannya dengan pasangan Anda meningkatkan keberhasilan perubahan,” kata penulis utama studi dari University College London, Dr Sarah Jackson, dikutip dari laman Eurekalert.org, Selasa (20/01).

Peneliti menyebut bahwa mendapatkan dukungan membuat orang mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Dan ketika pasangan melakukan perubahan bersama-sama menjadi lebih mungkin tingkat keberhasilannya. (ctr)

BACA JUGA: Sering Bertengkar Dengan Pasangan Bisa Bikin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes