Kepala Pusing, Jangan Asal Minum Suplemen Zat Besi

Tidak sedikit orang yang berusaha menjadi dokter bagi dirinya sendiri atau berusaha mendiagnosis penyakit yang dirasakannya kemudian meminum sembarang obat tanpa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

kepala-pusing
Salah satu yang paling sering terjadi adalah memilih obat untuk meredakan sakit kepala atau pusing. Orang yang merasa memiliki tekanan darah rendah akan menganggap bahwa itu adalah gejala tekanan darah rendah sehingga ia akan langsung minum suplemen zat besi dengan harapan menambah darah, padahal mungkin saja itu tidak diperlukan.

Mengonsumsi suplemen zat besi sembarangan dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral seperti kalsium. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, mual, muntah dan diare.

Dokter asal Perth Australia, Dr Joe Kosterich mengatakan bahwa, kelelahan adalah faktor umum yang mengakibatkan gejala kekurangan zat besi kerap muncul. “ Tetapi ini bukan berarti setiap kelelahan adalah tanda kekurangan zat besi. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui hal itu,” terang Dr Kosterich seperti dikutip dari ABC Australia.

Meskipun Anda merasa minum suplemen zat besi memberikan pengaruh positif, namun Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan penyebab Anda mengalami kelelahan. Bisa jadi alasan kelelahan adalah karena stres atau sering bergadang.

Kelelahan berkepanjangan yang berlangsung selama beberapa minggu dan Anda tidak menemukan penyebabnya, maka memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen zat besi.

“ Dokter akan memberikan diagnosa mendalam apakah Anda benar-benar kekurangan zat besi atau ada hal lain,” tambah Dr Kosterich. (dan)

BACA JUGA : SINYAL ‘BERDARAH’ DI TUBUH ANDA YANG PATUT DIWASPADAI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes