Kerja Tanpa Istirahat Berisiko Pembekuan Darah

Bagi Anda para pekerja keras, sebaiknya waspada! Menurut penelitian terbaru, bekerja tanpa waktu istirahat berisiko alami pembekuan darah.

Bahkan, peneliti mengungkapkan bahwa sepuluh orang per hari meninggal dunia akibat pembekuan darah tersebut, karena semakin seringnya aktivitas makan di meja kerja.

Hampir 75 persen dari staf kantor antara usia 21-30 tahun bekerja selama 10-jam sehari dan tidak melakukan istirahat, sehingga menggandakan kesempatan mereka untuk mendapatkan penyakit bernama Deep Vein Thrombosis (DVT).

“Kita semua melakukannya, bekerja berjam-jam dan hanya sempat mengunyah sandwich di meja kerja,” ujar perwakilan DVT Charity Lifeblood Inggris, Annya Stephens-Boal, seperti dikutip The Mirror.

Angka terbaru menunjukkan, jumlah korban DVT di bawah usia 40 tahun meningkat secara pesat dengan jumlah 94 kematian pada tahun 2010, naik 40 persen dari 67 kematian pada tahun 2007.

DVT ini bisa mengancam jiwa ketika gumpalan darah di pembuluh darah pindah ke paru-paru. Stephens-Boal mengaku khawatir bahwa kebanyakan kasus DVT ini tidak pernah terdeteksi.

Menurut para ahli, cara terbaik untuk menghindari DVT adalah terus bergerak, menurunkan berat badan berlebih, berhenti merokok, konsumsi makanan rendah garam dan rendah lemak.

Sementara menurut data dari Office for National Statistics, sebanyak 3.798 orang meninggal karena DVT pada 2010.

“Kami yakin ada sebanyak 60.000 kasus DVT setahun di seluruh Inggris,” katanya. “Bagian yang paling menakutkan adalah bahwa 80 persen penyakit ini tidak memiliki tanda-tanda sama sekali, tidak ada kemerahan, pembengkakan atau nyeri. Kami menyebutnya silent killer,” tutupnya. (jay)

BACA JUGA : 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Yoga Ketawa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes