Kilas Olahraga Dunia

Beragam fakta unik seputar olahraga yang bakal membuat Anda enggan meninggalkan kebiasaan sehat ini dalam kondisi apapun. Apa saja?

fakta-unik-olahraga-dunia

Olahraga Minim Biaya

The American Council On Exercise melakukan penelitian mengenai olahraga apa yang tetap menjadi favorit hingga akhir 2014. Mereka menyebutkan bahwa olahraga minim biaya tetap menjadi prioritas sebagian besar masyarakat dunia untuk mendapatkan tubuh sehat dan berat badan ideal.

Bodyweight training dan aerobik merupakan dua latihan yang diprediksi masih berjaya hingga akhir 2014. Dua latihan tersebut adalah latihan terhemat sepanjang masa karena bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, tentunya dengan manfaat sehat yang sama besarnya dengan latihan di gym.

Hilangkan Bete

Olahraga dapat mengubah mood Anda yang sedang terpuruk. Peneliti memastikan bahwa olahraga dapat melawan stres. Caranya dengan meningkatkan ritme detak jantung dan mengurangi ketegangan otot, seperti yang disampaikan oleh Jennifer Garth seorang fisioterapis asal Amerika.

Garth menambahkan bahwa dengan 30 menit aerobik, ketegangan ditubuh akan jauh berkurang. “Latihan seperti ini (aerobik) akan menstimulasi hormon endorfin yang membuat tubuh lebih rileks, berpikir jernih dan sanggup menghadapi frustasi,” terang Garth.

Otak Cerdas dengan Aerobik

Latihan kardio seperti aerobik ternyata tidak hanya menyehatkan jantung tetapi juga membuat otak Anda makin pintar. Menurut British Journal of Sports Medicine mereka yang rajin berlatih selama 6 bulan atau lebih dapat mencegah penurunan fungsi otak yang berhubungan dengan usia. Tidak perlu terlalu sering, 3 kali dalam seminggu cukup untuk meningkatkan fungsi otak.

Saatnya Memanjat

Ingin olahraga sekaligus meningkatkan adrenalin? Coba saja panjat tebing!
Selain melatih kekuatan kardiovaskuler tubuh, panjat tebing juga dapat memenuhi kebutuhan Anda akan olahraga ekstrim. The Journal of Strength and Conditioning Research menyampaikan bahwa seorang pemanjat wanita yang sering melakukan olahraga panjat tebing untuk rekreasi, dapat mencapai 90 persen denyut nadi puncak, sama seperti berlari dan bersepeda. (dan)

BACA JUGA : 3 Perabot Rumah Tangga yang Bikin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes