dampak kafein, obesitas

Kimia Dalam Kopi ini Bantu Cegah Penyakit Akibat Obesitas

Selain kafein, dalam secangkir kopi juga mengandung bahan kimia lain seperti Chlorogenic atau CGA. Ternyata, bahan kimia tersebut mampu mencegah dampak buruk dari obesitas.

kOPI

Menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), obesitas di Amerika Serikat naik drastic dalam dua dekade terakhir. Lebih dari sepertiga orang dewasa dan 17 persen anak-anak mengalami obesitas. Selain berat badan, dua efek samping yang umum dari obesitas peningkatan resistensi insulin dan penumpukkan lemak di hati. Jika tidak segera diobati, gangguan ini dapat menyebabkan diabetes dan fungsi hati yang buruk.

Bahan kimia tersebut adalah Chlorogenic atau CGA. Penelitian yang dilakukan University of Georgia tersebut menemukan bahwa CGA secara signifikan mampu mengurangi resistensi insulin dan penumpukkan lemak di hati pada diet yang tinggi lemak.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular,” kata Yongjie Ma, peneliti dari UGA College of Pharmacy.
“Studi kami memperluas penelitian ini dengan melihat manfaat yang terkait dengan senyawa khusus ini, yang ditemukan cukup besar tidak hanya di kopi, tapi juga dalam buah dan sayuran seperti apel, pir, tomat, dan blueberry,” tambahnya seperti dilansir MedicalNewsToday.com.

Para peneliti melakukan uji efek CGA pada tikus dengan memberi makan diet tinggi lemak selama 15 minggu. CGA disuntikkan dua kali selama seminggu. Tikus dalam penelitian ini menerima dosis lebih tinggi daripada apa yang manusia peroleh melalui konsumsi kopi biasa atau diet kaya buah-buahan dan sayuran.

Hasilnya, CGA tak hanya efektif mencegah peningkatan berat badan, tapi juga membantu menjaga gula darah tetap normal dan hati yang sehat. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa CGA adalah antioksidan kuat yang mampu mengurangi peradangan kronis akibat diabetes.

Meski demikian, peneliti tidak menyarankan untuk mulai minum banyak kopi untuk melindungi dari gaya hidup yang tidak sehat. CGA bukanlah obat untuk semua penyakit akibat obesitas ini. Diet yang tepat dan olahraga teratur merupakan cara terbaik mengurangi risiko terkait obesitas.(ctr)

BACA JUGA: Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata Anda Lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes