risiko stroke

Konsumsi Banyak Alkohol Tingkatkan Risiko Stroke

Minum alkohol memang dapat membawa efek buruk bagi tubuh. Studi terbaru menyebutkan bahwa seseorang yang minum alkohol lebih dari dua gelas per hari dapat meningkatkan risiko stroke, sama seperti risiko tekanan darah tinggi atau diabetes.

risiko stroke

Seseorang yang minum lebih dari dua kali sehari memiliki 34 persen risiko stroke lebih tinggi dibanding mereka yang hanya mengonsumsi setengah gelas alkohol per hari. Hasil studi ini diterbitkan di American Heart Association (AHA) dalam jurnal Stoke.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa minum alkohol lebih dari dua kali per hari dapat mempercepat risiko stroke hingga lima tahun,” kata ketua penulis studi, Pavla Kadlecova dari St. Anne University Hospital International Clinical Research Center di Republik Ceko, seperti dikutip dari WebMD.com, Sabtu (31/01).

Untuk mengetahui apa pengaruh genetika dan faktor gaya hidup pada risiko stroke, peneliti melakukan studi pada 11.644 pasangan kembar sesama jenis di Swedia. Setelah dipantau kesehatan peserta selama 43 tahun, hampir 30 persen diantaranya memiliki stroke.

Para peneliti mengatakan, seorang peminum berat dapat mulai muncul risiko stroke pada usia 50 tahun dan setelah itu akan terus meningkat. Sementara itu, pasangan kembar yang sering minum lebih tinggi berisiko stroke daripada yang bukan peminum.

Peneliti sendiri masih belum dapat memastikan bagaimana alkohol dapat mempengaruhi risiko stroke. Namun, banyak teori yang menyebut jika alkohol dapat mengencerkan darah yang dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik, di mana pembuluh darah pecah di otak.

“Semakin banyak Anda minum, semakin banyak risiko yang Anda miliki perdarahan di otak,” kata Dr. Irene Katzan dari Center for Outcomes Research and Evaluation di Cleveland Clinic.

Alkohol juga dikenal berkontribusi pada tekanan darah tinggi dan meningkatkan fibrilasi atrium, dua faktor yang merupakan risiko stroke. Untuk itu, penting bagi seseorang agar membatasi konsumsi alkohol. Bahkan bila perlu hindari konsumsi alkohol agar tubuh sehat secara keseluruhan.

BACA JUGA: Latihan 10 Menit Dapat Hindari Serangan Jantung dan Stroke

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes