Konsumsi Keju Pengaruhi Kesuburan Pria?

Menurut penelitian terbaru, pria muda yang mengonsumsi lebih dari tiga iris keju sehari mungkin mempertaruhkan peluang mereka menjadi ayah. Bahkan, sejumlah kecil makanan penuh lemak susu ini telah terbukti secara dramatis merusak kesuburan pria.

Seperti dikutip Zeenews.com, para akademisi Harvard telah menemukan bahwa pria yang makan hanya tiga porsi sehari memiliki kualitas sperma yang lebih buruk. Satu porsi itu termasuk satu ons keju (28g), satu sendok teh krim, satu sendok es krim atau segelas penuh lemak susu.

Para peneliti percaya bahwa hormon wanita yang dihasilkan secara alami dari susu dapat mengganggu kemampuan pria untuk bereproduksi. Sampai saat ini, para ahli sudah jauh lebih peduli dengan bagaimana diet wanita yang mempengaruhi kesempatan mereka memiliki anak.

Tetapi, ada peningkatan bukti bahwa gaya hidup pria, yang secara krusial dari apa yang mereka makan, mungkin sama pentingnya.

Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health di Boston, AS, membandingkan pola makan dari 189 pria berusia 19-25 tahun.

Diantara mereka tidak ada yang kelebihan berat badan, sehat dan melakukan setidaknya sekali olahraga selama satu setengah jam seminggu.

Mereka masing-masing mengisi kuesioner untuk menjawab seberapa sering mereka makan produk susu, buah-buahan, daging dan jenis-jenis makanan lain selama seminggu. Para peneliti juga meneliti kondsi sperma mereka, termasuk seberapa cepat perjalanannya dan bentuknya.

Hasilnya, sperma laki-laki yang makan lebih dari 3 porsi makanan penuh lemak susu per hari memiliki kualitas 25 persen lebih buruk daripada mereka yang sedikit makan keju.

Myriam Afeiche, yang memimpin penelitian tersebut, menjelaskan bahwa hormon estrogen pada wanita dalam susu yang berasal dari sapi dapat mempengaruhi kesuburan pria. Hal ini juga mungkin dipengaruhi oleh pestisida yang terkandung dalam produk susu. (jay)

BACA JUGA : Benarkah Beef Protein Sumber Protein Terbaik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes