Konsumsi Makanan Asin Berisiko Batu Ginjal & Oestoporosis

Bagi para pencinta makanan asin harus waspada! Pasalnya, orang mengonsumsi makanan tinggi garam cenderung mengalami pembentukan batu ginjal dan osteoporosis, yakni penyakit tulang yang menyebabkan peningkatan risiko patah tulang.

Seperti dikutip Zeenews.com, peneliti utama Todd Alexander dari University of Alberta bersama timnya telah menemukan hubungan penting antara natrium dan kalsium. Kedua zat tersebut tampaknya diatur oleh molekul yang sama dalam tubuh. Ketika asupan sodium terlalu tinggi, tubuh akan membuang natrium melalui urine, bersamaan dengan kalsium, yang kemudian akan menghabiskan stok kalsium dalam tubuh.

Tingginya kadar kalsium dalam urine diketahui bisa menyebabkan perkembangan batu ginjal, sedangkan tingkat kalsium yang tidak memadai dalam tubuh membuat tulang menipis dan osteoporosis.

“Ketika tubuh mencoba untuk membuang natrium melalui urine, temuan kami ini menunjukkan bahwa tubuh juga menghilangkan kalsium pada saat yang sama,” ungkap Alexander, peneliti di Fakultas Kedokteran & Kedokteran gigi di University of Alberta.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes