Konsumsi Obat Pereda Nyeri Picu Impotensi?

Kini saatnya Anda berhati-hati saat menggunakan obat pereda nyeri tanpa resep dokter. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Spine menemukan bahwa obat-obatan tertentu berpotensi menyebabkan disfungsi ereksi alias impotensi.

Konsumsi-Obat-Pereda-Nyeri-Picu-Impotensi

Kesimpulan ini diperoleh setelah para ilmuwan dari Kaiser Permanente, sebuah organisasi perawatan Kesehatan terpadu yang berbasis di Oakland, California, melihat riwayat kesehatan lebih dari 10.000 pria yang mengalami nyeri punggung.

Sebanyak 19 persen dari jumlah tersebut diketahui mengonsumsi opioid (kelompok obat yang sering digunakan pada pasien dengan nyeri yang berat) dosis tinggi seperti hydrocodone, oxycodone, dan morfin.

Richard A. Deyo, M.D.,MPH dari Kaiser Permanente mengatakan, “Sudah diketahui bahwa penggunaan opioid dapat menurunkan kadar testosteron secara signifikan,” seperti dikutip Menshealth.

Meski hubungan antara testosteron dan disfungsi ereksi masih memiliki ruang, namun fakta tersebut bisa menjadi alasan logis mengapa orang-orang yang gemar mengonsumsi obat pereda nyeri rentan mengalami disfungsi ereksi.

Dr. Deyo menambahkan bahwa kadar testosteron seseorang akan kembali normal jika menghentikan penggunaan obat-obatan tersebut.

Disfungsi ereksi kerap menjadi permasalahan utama dalam rumah tangga. Pemicunya bisa dari berbagai hal mulai dari stres, kelelahan, hingga penggunaan obat-obatan. Ada berbagai cara sehat untuk mengatasi impotensi, salah satunya adalah dengan berolahraga.

“Meningkatkan aktivitas fisik seperti berolahraga bisa menjadi langkah efektif untuk mengatasi impotensi,” tutup dr Deyo. (dan)

BACA JUGA : Kamar Bernuansa Karamel Bikin Orang ‘Doyan’ Bercinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes