kontrol berat badan

Kontrol Berat Badan Dengan Ekstrak Kentang

Liat kembali dapur Anda. Mungkin ada bahan tertentu yang memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan Anda. Terutama untuk mengontrol berat badan.

kontrol berat badan

Ya, ekstrak kentang ternyata sangat bermanfaat yakni dapat membatasi kenaikan berat badan, serta menyempurnakan karbohidrat.

Penelitian ini dilakukan oleh McGill University, Kanada, dengan tikus sebagai objek penelitian. Setelah melakukan pengamatan selama 10 minggu, tikus yang menjalani diet tetapi dengan ekstra kentang naik lebih sedikit, yaitu tujuh gram. Sementara tikus yang menjalani diet tanpa ekstrak kentang naik hingga 16 gram.

Peneliti mengatakan bahwa manfaat dari ekstrak kentang tersebut karena mengandung polifenol konsentrasi tinggi. Polifenol merupakan senyawa kimia yang bermanfaat dari buah-buahan dan sayuran.

“Kami saja heran dengan hasil ini,” kata Prof. Luis Agellon, salah satu penulis studi tersebut dikutip dari ScienceDaily.com (09/12).

“Kami pikir ini tidak benar-benar nyata, kami sampai melakukan percobaan lagi menggunakan ekstrak kentang yang berbeda hanya untuk memastikan,” tambahnya.

Di Kanada sendiri, tingkat obesitas terus mengalami lonjakan. Padahal, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, dan kanker. Dengan ditemukannya ekstrak kentang ini, juga bisa menjadi solusi bagi pencegahan obesitas serta diabetes tipe 2.

Ekstrak kentang yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan tersebut berasal dari 30 kentang. Namun, peneliti tidak menyarankan untuk memakan 30 buah kentang dalam sehari. Selain karbohidrat, kentang juga dikenal sebagai sumber polifenol.

Meskipun metabolisme makanan antara tikus dan manusia sama, namun uji klinis tentang ekstrak kentang untuk mengontrol berat badan wajib dilakukan untuk memvalidasi efek yang menguntungkan bagi manusia. (ctr)

BACA JUGA: 7 Makanan Simple Penurun Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes