Kontrol Serangan Asma dengan Perbanyak Vitamin D

Kontrol Serangan Asma dengan Perbanyak Vitamin D

Bagi Anda yang mempunyai penyakit asma, jangan khawatir. Ternyata, penyakit asma dapat dikontrol dengan Vitamin D. Bagaimana bisa?

Kontrol Serangan Asma dengan Perbanyak Vitamin D

Sebuah penelitian di Israel telah menemukan, bahwa asma dapat ditolong dengan meningkatkan kadar vitamin D di obat hirup (inhaler) yang biasa digunakan oleh penderita asma.

Dr. Ronit Confino Coben dari University’s Sackler Faculty of Medicine mengatakan, vitamin D memiliki efek imunomodulator yang signifikan dan diyakini mampu mengontrol penyakit asma serta penyakit imunologi. Antara tahun 2008 hingga 2012, sebanyak 307.900 orang telah diukur kadar vitamin D-nya. Di Israel, dari 21.000 pasien asma yang diteliti, 25 persen di antaranya memiliki kekurangan vitamin D bila dibandingkan dengan penderita asma lainnya.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan empat juta orang dari Clalit Health Services, yang merupakan penyedia layanan kesehatan terbesar di Israel, Dr. Confino-Cohen dan timnya semakin menguatkan bahwa terdapat hubungan antara Vitamin D dengan asma. Efek vitamin D dapat mencegah kambuhnya penyakit asma pada penderita.

Pada manusia, vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari. Ahli dermatologis pun telah merekomendasikan makanan yang banyak mengandung vitamin D, seperti ikan, telur, minyak ikan, susu, atau suplemen makanan.

Jika Anda menderita penyakit asma yang sudah tidak bisa dikontrol, maka peneliti merekomendasikan untuk melakukan pengujian ke klinik atau dokter guna mengukur kadar vitamin D dalam tubuh Anda. (gie)

BACA JUGA: Ini Lho Penyakit yang Mengincar Masyarakat Kota

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes