Kualitas Tidur Anak Tentukan Kemampuan Akademis?

Kualitas Tidur Anak Tentukan Kemampuan Akademis?

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwakemampuan akademis usia sekolah anak-anak dihubungkan dengan kualitas tidur mereka. Berdasarkan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kemampuan akademis di bindang matematika, bahasa dan keberhasilan akademis bidang lainnya di masa depan.

Headline child

Studi dipimpin oleh Universitas McGilldan Dousglas Mental Health University Institute yang memeriksa kebiasaan pola tidur anak-anak sehat anatara umur 7-11 tahun selama lima malam. Penelitian menemukan, bahwa dengan efisiensi tidur yang lebih besar, akan membuat kemampuan akademis anak-anak baik di dalam bidang matematika dan bahasa.

Reut Gruber, seorang psikolog klinis anak yang terlibat dalam studi mengatakan bahwa tidur yang singkat merupakan faktor risiko yang membuat kemampuan seorang anak lemah di bidang akademis.

Namun, fenomenaini sering kali diabaikan. Dan jika seorang dokter bertanya mengenai hal itu, orang tua tak mengetahui kualitas tidur anaknya.

Gruber menambahkan, ada baiknya jika anak Anda yang sedang mengalami kesulitan akademis di bidang matematika, bahasa dan ilmu lainnya, maka coba untuk memperhatikan kualitas tidur nya. Kemungkinan besar, hal tersebut terjadi karena jam tidur anak Anda yang kurang.
Laporan studi ini diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine. (gie)

BACA JUGA: Bagaimana Stres Gagalkan Penurunan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes